Ahad 09 Apr 2017 18:56 WIB

Ponpes As Sa'adah Depok Gelar Semaan Alquran 30 Juz

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Agus Yulianto
Anak-anak mengikuti semaan Alquran di sebuah masjid (Ilustrasi)
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Anak-anak mengikuti semaan Alquran di sebuah masjid (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Pondok Pesantren (Ponpes) As-Sa’adah menggelar semaan Alquran 30 juz bersama Pengurus Jamiyyatul Qurro wal Huffadz (JQH) Kota Depok. Kegiatan tersebut dalam rangkaian  Peringatan Hari Lahir (Harlah) Ponpes As-Saadah Kedua pada 16 April 2017.

Menurut Rois Majelis Ilmi KH. Jazim Hamidi, acara Semaan Alquran (membaca Alquran tanpa melihat teks) hadir di tengah masyarakat dalam rangkaian Haflah atau Harlah pesantren. "Salah satu tujuannya adalah tabarrukan atau untuk mencapai keberkahan. Kita semaan Alquran ini juga bagian dari doa agar acara lancar dan santrinya menjadi anak sholeh dan sholehah," tutur Jazim, Ahad (9/4).

Jazim mengungkapkan, bahwa melalui semaan Alquran memiliki banyak manfaatnya. Bukan hanya melalui pelafalan saja, namun juga bisa membentuk karakter. "Pembentukan karakter membutuhkan proses yang cukup panjang dan salah satu tujuan akhirnya adalah berakhlak seperti Rasulullah. Melalui semaan ini juga memiliki dampak yang luar biasa, baik pembaca maupun pendengarnya merasakan kekuatan Alquran. Efek psikologis dan spiritual juga dirasakan bagi pendengar maupun penyelenggaranya," ujarnya.

Ketua JQH Kota Depok Ustaz Imam Nafi mengungkapkan, bahwa semaan yang diselenggarakan di Ponpes As-Saadah tersebut merupakan bagian dari program bulanan. Selama ini, program Semaan dilaksanakan setiap tanggal 22. Namun, pihaknya menginginkan agar Semaan tersebut dilaksanakan setiap bulan pada Ahad.

"Semaan ini bagaian dari program bulanan yang salah satu tujuaannya agar semua anggota bisa mengikutinya. Kali ini, sebanyak 12 huffadz  yang ikut semaan," paparnya.

Pengasuh Ponpes As-Saadah KH Abdul Mujib mengungkapkan bahwa pihaknya berharap dalam kegiatan ini bisa mendapatkan berkah dan kebaikan melalui semaan Alquran. "Diharapkan juga agar semakin bisa memberikan manfaat kepada masyarakat secara umum," harapnya.

Panitia kegiatan Ustaz Triyono mengungkapkan, bahwa acara semaan bagian dari rangkaian Harlah. Selain itu, juga diselenggarakan kegiatan istigotsah dan shalawat nariyah. "Tujuan diselenggarakannya acara ini juga untuk keselamatan bangsa dan negara," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement