Selasa 04 Apr 2017 16:45 WIB

Mengenal Sosok Perancang Masjid Agung Dungan

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Agung Sasongko
masjid dungan
Foto: http://triptokyrgyzstan.com/
masjid dungan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sosok perancang masjid ini adalah Zhou Si, sosok asal Beijing, yang dibantu oleh 20 pakar bangunan yang khusus diundang dari Cina. Nama lain Zhou Si adalah Haji Ibrahim. Oleh karena itu, Masjid Dungan ini kerap disebut sebagai Masjid Dungan Ibrahim Haji. 

Ukiran-ukiran pada bata yang terdapat di Masjid Dungan dibuat oleh para perajin lokal. Namun, ukiran kayu dibuat oleh para seniman Cina, termasuk ukiran naga atau singa yang terdapat di sekitar bangunan masjid. 

Kompleks Masjid Dungan memiliki luas 27x15 meter persegi. Dari segi ukuran, luasnya memang tidak begitu besar. Namun, kekhasan corak arsitektur itulah yang menjadikan Masjid Dungan cukup istimewa bagi orang-orang Kyrgyzstan.

Ada taman bunga dan buah yang menghiasi pekarangan Masjid Dungan. Pemandangan yang begitu asri ini menjadi daya pikat lain untuk para turis ataupun jamaah Muslim yang datang ke Masjid Dungan.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement