Ahad 26 Mar 2017 06:47 WIB

MUI: Santri Selipkan Nilai Moral Melalui Hiburan

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Bayu Hermawan
KH Maruf Amin
Foto: Republika/Maman Sudiaman
KH Maruf Amin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin mengapresiasi para santri yang menuangkan gagasan mereka melalui karya film pendek. Menurut Kiai Ma'ruf, film sebagai produk seni dan budaya dapat dijadikan sebagai sarana berdakwah.

"Penyampaian nilai-nilai positif tidak hanya melalui mimbar agama atau di kelas. Namun bisa dikemas secara kreatif melalui hiburan," ujar Kiai Ma'ruf dalam sambutannya di acara Malam Anugerah Festival Film Santri 2017, Sabtu (25/3).

Kiai Ma'ruf Amin melanjutkan, melalui ajang Festival Film Santri 2017 yang diadakan oleh Komisi Pembinaan Seni Budaya Islam MUI, para santri dan siswa didorong agar terlibat dalam pembangunan bangsa. Di saat yang sama, ia berharap masyarakat semakin dewasa dalam membangun kultur yang baik. Sehingga, kedepan masyarakat semakin selektif dalam memilih tontonan dan tuntunan yang berkualitas.

Acara ini, menurutnya, dapat mendekatkan santri dan pesantren pada realita kebutuhan berdakwah melalui dunia kreativias seni dan perfilman. Sehingga, tidak ada lagi generalisir bahwa semua film itu buruk. Demikian sebaliknya, dunia perfilman tidak lagi memandang sebelah mata kepada para santri. Kesan tidak kreatif tak boleh lagi disematkan kepada mereka.

"Sebab, faktanya santri juga bisa membuat film," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement