Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

TPA Juara Targetkan Perbanyak Wisuda Siswa

Selasa 21 Mar 2017 13:38 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

TPA Juara binaan Rumah Zakat.

TPA Juara binaan Rumah Zakat.

Foto: rumah zakat

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Rumah Zakat membentuk program TPA (Taman Pendidikan Alquran) Juara bagi anak-anak di Kel. Rappokalling, Kec. Tallo, Kota Makassar. Menurut Kepala TPA Juara Mustaqim Syukur pada tahun 2016 TPA Juara telah mewisuda 10 orang siswa. Tahun ini  ia menargetkan 40 orang lulus dalam ujian munaqasah dan diwisuda. TPA ini, kata dia memang dibuat sebagai langkah untuk menanamkan kecintaan sejak dini terhadap Alquran.

“Kita harus bisa memperbanyak wisudawan Alquran agar TPA juara ini semakin diakui eksistensinya. Sebab pada umumnya TPA itu berlokasi di masjid, tidak seperti kita yang bertempat di rumah seperti ini. Namun kami yakin insya Allah bisa memiliki kualitas pendidikan dan lulusan terbaik,” kata Taqim, Senin (20/3).

Rumah Zakat dan Kitabisa Bantu Renovasi MCK di Pangandaran

Untuk kegiatan pembelajaran, TPA Juara menggunakan bangunan yang pada pagi harinya dipakai untuk kegiatan belajar KB Juara. Saat ini, jumlah siswa di TPA Juara ialah sebanyak 83 orang yang terdiri dari murid kelas I SD hingga IX SMP. Selain itu, TPA Juara ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan Rumah Zakat terhadap program pemerintah Kota Makassar.

"Pemerintah Kota Makassar menetapkan bagi siswa yang ingin meneruskan pendidikan di tingkat SMP harus memliki ijazah munaqasah dari TPA. Makanya peminat TPA Juara ini dari tahun 2014 selalu mengalami peningkatan," ujar Taqim.

Selain bagi anak-anak, pendidikan keagamaan juga diberikan bagi para orang tua siswa. Sebanyak 90 orang secara rutin mengikuti kegiatan parenting class. Tujuannya agar adanya keselarasan pendidikan bagi anak-anak baik itu di KB atau TPA Juara dan di rumah masing-masing. Sebab, orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan anak-anaknya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA