Kamis 16 Mar 2017 10:35 WIB

KH Hasyim Muzadi, Ulama Langka, Melampaui Banyak Bidang

Rep: Amri Amrullah/ Red: Hazliansyah
 KH Hasyim Muzadi
Foto: Republika/Yasin Habibi
KH Hasyim Muzadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Yayasan Dinamika Umat KH. Hasan Basri Tanjung menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya KH. Hasyim Muzadi, Kamis (16/3) pagi. Hasan Basri menilai sosok almarhum adalah ulama langka yang kemampuannya melampaui banyak bidang.

"Innalillahi wa innailaihi rajiun," katanya, Kamis (16/3).

Ia mengungkapkan sungguh kematian seorang ulama bagaikan kematian alam semesta. Karena ulama pembawa ilmu dan ilmu itu laksana cahaya dalam kegelapan. Artinya, kematian ulama itu sama dengan matinya cahaya yang menyinari.

"Almukarrom KH HM adalah ulama langka di masa kini. Kiprahnya melampaui banyak bidang, bukan hanya pondok pesantren dan NU tetapi juga di kancah politik nasional seperti yang beliau jalankan hingga ujung hidupnya sebagai anggota watimpres," ujarnya.

Menurutnya, almarhum juga aktif di organisasi keilmuan internasional sebagai tokoh yang berpengaruh. Satu hal yang selalu ditunggu dari seorang KH. Hasyim Muzadi, ujar Hasan Basri, adalah tulisannya yang santun dan mendalam di kolom Refleksi Republika.

"Meski saya tidak berguru secara langsung, tapi saya merasa menjadi murid melalui tulisannya yang sufistik. Pak Kyai, umat Islam dunia kehilanganmu," katanya.

Pagi ini, media sosial penuh dengan ungkapan duka dan doa. Doa ini dipanjatkan kepada mantan Ketua Umum PBNU almarhum KH. Hasyim Muzadi.

"Amal saleh Kiai Hasyim Muzadi selama ini rasanya sudah lebih dari cukup sebagai bekal menghadap Kekasihmu, apalagi doa yang mengalir dari santri dan jamaahmu. Selamat jalan Pak Kyai. Engkau sudah dinanti para kekasih Allah sebagai hamba yang saleh. Aamiin," tutur Hasan Basri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement