Ahad 12 Mar 2017 17:00 WIB

Nuh Menjadi Muara Nasab Manusia

Kaum Nabi Nuh (ilustrasi).
Foto: perisai.net
Ilustrasi kapal yang ditumpangi Nabi Nuh AS dan pengikutnya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bangsa-bangsa dengan peradaban besar di dunia pun jika dilacak akan terlihat bahwa mereka semua adalah keturunan Nabi Nuh. Dari nasab tersebut, kita bisa mendeskripsikan bahwa Yafet menjadi keturunan bangsa Turki, dari anaknya yang bernama Turk.

Berbagai ras yang berada di dalamnya, misalnya Qabjaq, Tatar, dan Khazlajiah atau yang dikenal sebagai bangsa Ghuz (kushan) yang mendiami negeri al-Shafd merupakan keturunan Turk bin Yafet Bin Nuh. Begitu juga dengan ras Ghor, Elan, Syarkes, Azkesy, dan Rusia.

Keturunan Yafet lainnya, yaitu Madai, melahirkan keturunan yang menjadi nenek moyang bangsa Dailam. Bangsa Shaqalibah juga berasal dari keturunannya, dari Esykanar bin Torgama bin Yafet. Orang Atsban adalah keturunan Mesekh bin Yafet.

Francs dari anak Tubal bin Yafet. Tubal juga menghasilkan keturunan yang menjadi nenek moyang bangsa Leman, yang mendiami wilayah sebelah barat ke utara, tepatnya di bagian utara Laut Rum (laut Tengah).

Bangsa Yunan merupakan keturunan dari Yunan bin Yafet, yang kemudian terpecah menjadi tiga kelompok. Pertama adalah orang-orang Lithan, yang merupakan keturunan dari Lathen bin Yunan.

Kedua adalah bangsa Greek, yang merupakan keturunan Greeks bin Yunan. Terakhir adalah kelompok orang-orang Keitim yang berasal dari keturunan Kuteim bin Yunan dan kelompok inilah yang menjadi nasab dari bangsa Romawi.

Putra Nabi Nuh yang lain, yaitu Sam, juga melahirkan keturunan yang menjadi nenek moyang bangsa-bangsa besar di dunia. Basel yang merupakan cucu dari Sam bin Nuh juga melahirkan bangsa al-Jaramiqah yang mendiami Mosul. Begitu juga bangsa al-Jael di negeri Kaelan di wilayah timur.

Anak Sam yang lain, yaitu Adam, melahirkan keturunan yang menjadi bangsa Suryani. Nasabnya adalah Suriyan bin Nobet bin Mesh bin Adam bin Yafet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement