Selasa 07 Mar 2017 22:53 WIB

Aa Gym: Hargai Pendapat Orang Seperti Kita Ingin Dihargai

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Bayu Hermawan
Pemimpin Pondok Pesantren Daarut Tauhid Bandung Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym
Foto: Mahmud Muhyidin
Pemimpin Pondok Pesantren Daarut Tauhid Bandung Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pimpinan Pesantren Daarut Tauhid, Abdullah Gymnastiar, mengingatkan agar setiap manusia bisa saling menghargai. Ia menekankan, penghargaan yang kita berikan harus sebesar atau kalau bisa lebih, dari keinginan kita untuk dihargai.

"Kita bisa menghargai pendapat orang lain, sebagaimana kita ingin pendapat kita dihargai orang lain," kata Aa Gym kepada Republika.co.id, Selasa (7/3).

Ia mengingatkan, Allah SWT yang merupakan pencipta dunia dan isinya telah menjadikan perbedaan itu memiliki banyak sekali hikmah. Aa Gym menegaskan, surga itu milik Allah SWT dan Dia-lah yang menentukan siapa yang akan masuk ke surga-Nya, bukan golongan.

Untuk itu, soal perbedaan yang mungkin ada, ia mengajak segenap umat Islam agar dapat melihat perbedaan itu sebagai sebuah kekayaan hikmah bagi diri sendiri. Pasalnya, justru dari perbedaan yang ada itu, kita bisa mendapatkan pelajaran lebih banyak dari yang lain.

"Yang memiliki surga itu Allah SWT, yang menentukan siapa yang ke surga juga Allah SWT, bukan kita, bukan mazhab, bukan kelompok dan bukan organisasi-organisasi," kata Aa Gym.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement