Senin 06 Mar 2017 19:05 WIB

Keraton Kasepuhan Selenggarakan 'World Islamic Cultural Festival'

Masjid Sang Cipta Rasa atau yang dikenal juga Masjid Agung Kasepuhan di Cirebon, Jawa Barat.
Foto: Republika/WIhdan Hidayat
Masjid Sang Cipta Rasa atau yang dikenal juga Masjid Agung Kasepuhan di Cirebon, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON  -- Keraton Kasepuhan dan Yayasan Festival Islam Cirebon, Jawa Barat, akan menyelenggarakan "World Islamic Cultural Festival" pada tahun 2018. Festival ini akan diselenggarakan di Cirebon pada tanggal 9-14 Juli 2018 dengan tema membangun sinergi untuk kemajuan umat di bidang ekonomi, sosial, budaya dan pendidikam.

"Kegiatan ini sebagai kontribusi bagi kesejahteraan umat manusia," kata Sultan Sepuh ke XIV Keraton Kasepuhan Cirebon, PRA Arief Natadiningrat di Cirebon, Senin (6/3).

Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mengonsolidasikan berbagai potensi umat Islam di Indonesia dan dunia. Sekaligus, lanjut Sultan, sebagai media untuk saling bertukar pikiran, berdiskusi, menyatukan visi dan membangun saling pengertian antara pemuka, cendikia, pejabat negara, politisi dan lain sebagainya.

"Festival ini juga merupakan sarana untuk memperkenalkan Islam sebagai agama rahmatan lil 'alamin," tuturnya.

Sultan menuturkan, untuk Festival itu direncanakan akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti konferensi internasioanl ekonomi syariah, pameran, forum bisnis syariah, pagelaran seni, dan budaya islam, talkshow, bazaar dan acara lainnya. Dengan adanya acara ini diharapkan akan berdampak pada peningkatan aspek perekonomian, pariwisata, budaya, edukasi dan religi.

"Untuk sasaran peserta adalah para pelaku bisnis, industri dan jasa pariwisata, lembaga pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Tidak hanya dari Indonesia tetapi juga dari negara-negara sahabat, dimana terdapat komunitas muslim dari kawasan Eropa, Asia, Afrika, Amerika dan Australia," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement