Kamis 02 Mar 2017 17:30 WIB

Rasulullah Evaluasi Langsung Kinerja Sahabat di Pemerintahan

Rep: Nashih Nasrullah/ Red: Agung Sasongko
Rasulullah
Foto: wikipedia
Rasulullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam pelaksanaan administrasi kepemerintahan, hal terpenting yang perlu ditekankan ialah menjalankan evaluasi terhadap kinerja setiap pegawai. Termasuk, capaian dan proyeksi serta target kerja ke depan. Hal ini penting un tuk mengukur tingkat keberhasilan dari tugas yang di emban.

Fungsi ini, konon, juga dikerjakan langsung oleh Rasulullah SAW. Evaluasi itu dijalankan di setiap sektor pe me rintahan dan lini aktif aktivitas keseharian masyara kat. Beliau menegur langsung bila terjadi penyelewengan. Termasuk mengawasi perjanjian komersial dan melarang bisnis yang menyerupai riba.

Salah satunya, Rasulullah mengevaluasi langsung para kolektor dana zakat. Hal ini ditempuh untuk memastikan bahwa yang bersangkutan ti dak melakukan tindakan ilegal atau menerima jumlah me lebihi yang ditentukan.

Pernah, Rasulluhah menegur seorang kolektor yang menerima hadiah dari pembayaran zakat, bentuknya bisa dibilang gratifikasi pada era sekarang. “Akankah kamu mendapatkan hadiah ini jika kamu duduk-duduk di ru mah?” penegasan tersebut disampaikan Rasulullah untuk menegur kesalahan kolektor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement