Jumat 24 Feb 2017 16:21 WIB

130 Pelajar Terima Beasiswa Baznas

Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam
Foto: Antara/Yudhi Mahatma
Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- Tak hanya mengelola zakat dan kegiatan sosial kemasyarakatan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sultra PUN turut berkontribusi di dunia pendidikan. Melalui kerja sama dengan Baznas RI, lembaga di bawah kendali H AM Hasbi Saing ini menyalurkan bantuan beasiswa pada 130 pelajar di Sultra. Bantuan beasiswa yang diberi nama 'Indonesia Cerdas' disalurkan di semua jejang tingkatan pendidikan mulai dari sekolah dasar (SD) hingga perguruan tinggi.

Penyerahan bantuan beasiswa ini diwakili Gubernur Sultra H Nur Alam di Aula Bahteramas, Kamis (23/2). Dalam arahanya, periah penghargaan Bintang Maha Putera ini berpesan, agar para penerima beasiswa bisa lebih termotivasi untuk terus belajar dan meningkatkan prestasi. "Apalagi persaingan dan tuntutan jaman akan lebih semakin kompetetif," kata Nur Alam. Dengan bantuan beasiswa ini, diharapkan anak-anak menjadi lebih rajin belajar, banyak berdoa untuk diberi kemudahan dalam melanjutkan pendidikannya, serta tercapai yang dicita-citakan.

Mantan Wakil Ketua DPRD Sultra ini mengapresiasi program Baznas. Apalagi, kata dia, program ini sejalan dengan Pemprov Sultra. Karenanya, dia berharap, program ini bisa terus berkelanjutan. Gubernur juga mengajak pegawai mempercayakan penyaluran zakat dan sedekahnya ke Baznas Sultra.

Program ini, katanya, tidak sekadar upaya pendekatan kepada Allah tetapi juga pendekatan kepada antar sesama manusia. "Terima kasih kepada Baznas yang telah memberi perhatian dengan menyalurkan bantuan beasiswa kepada anak-anak berprestasi dari keluarga kurang mampu yang merupakan penyaluran pertama di tanah air dan berlaku untuk daerah lainnya," ujarnya.

Ketua Baznas Sultra H AM Hasbi Saing mengatakan, program ini merupakan kerja sama dengan Baznas Pusat. Setiap saat, pusat selalu melakukan monitoring dan pembinaan kepada penerima beasiswa dan bantuan. Tahun ini, ada 130 pelajar yang meraih bantuan. Yakni, 30 orang masing pelajar tingkat SD, SMP dan SMA. Sementara untuk di perguruan tingg sebanyak 40 mahasiswa.

Rinciannya, untuk pelajar SD mendapat Rp 200 ribu per bulan, SMP Rp 250 ribu per bulan dan SMA sebesar Rp 300 ribu per bulan. Untuk perguruan tinggi Rp 10 juta per orang yang penyalurannya per tahun. Secara keseluruhan, total beasiswa yang disalurkan sebesar Rp 774 juta. Dengan bantuan beasiswa ini, ia berharap, bisa meningkatkan kualitas SDM Sultra terutama bagi pelajar kurang mampu.

"Selain pemberian beasiswa, Basnaz rutin memberikan bantuan pada kaum dhuafa, panti asuhan, infaq dan sedekah untuk masjid, surau, pesantren dan lembaga keagamaan," kata dia yang juga Kepala Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik Sultra.

sumber : kemenag.go.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement