Selasa 07 Feb 2017 08:55 WIB

Aher Ingin Masjid Berperan Jaga Ketenteraman

Ahmad Heryawan
Foto: Republika/Edi Yusuf
Ahmad Heryawan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, melalui masjid umat bisa berperan dalam menyebarkan dan menjaga ketenteraman di provinsi yang dipimpinannya. "Meskipun fungsi utamanya sebagai sarana ibadah bagi umat Muslim, masjid memiliki fungsi lain bagi kehidupan sosial masyarakat," katanya, belum lama ini.      

Aher mengatakan, Jawa Barat merupakan wilayah dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia. Karena itu, kata dia, penting menjaga stabilitas keamanan dari berbagai bidang kehidupan sosial masyarakat, termasuk dari lingkungan masjid.       

Menurut dia, dengan banyaknya masjid di Jawa Barat akan semakin baik karena selain dapat meningkatkan keimanan umat, juga bisa meningkatkan rasa aman masyarakat. "Semakin banyak masjid di Jawa Barat semakin baik, karena kita meyakini bahwa ketika pemahaman keagamaan masyarakat meningkat, ketika masjid-masjid tersebar banyak di tempat yang ada di Jawa Barat, maka insya Allah rasa aman, ketaqwaan, kemudian kedamaian akan meningkat di Jawa Barat," kata dia.       

Gubernur menginginkan, Provinsi Jawa Barat jadi sebuah provinsi yang aman, damai, penuh toleransi, dan bersama-sama berdampingan dengan berbagai pihak di Jawa Barat hadir sebagai provinsi yang baik, aman, tertib, damai, dan semuanya akur.       

Sebelumnya, Aher meresmikan pembangunan Masjid Ma'had Elwihdah Masjid yang berada di Jalan Raya Desa Citayem Kampung Kali Putih, Kecamatan Tajur Halang, Kabupaten Bogor. Masjid Ma'had Elwihdah ini berada di lingkungan Pondok Pesantren Tahfiz Alquran dan Pengajaran Bahasa Arab Ma'had Elwihdah pimpinan Ustaz Yusuf Mansur. Biaya pembangunan masjid ini berasal dari para donatur, salah satunya dari Atase Pendidikan Arab Saudi untuk Indonesia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement