Sabtu 31 Dec 2016 09:30 WIB

Tak Sadar Kekeliruan 2016, tak Punya Masa Depan!

Umat Islam berdzikir bersama-sama pada malam pergantian tahun baru di Masjid At Tin, Kompleks TMII, Jakarta.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Umat Islam berdzikir bersama-sama pada malam pergantian tahun baru di Masjid At Tin, Kompleks TMII, Jakarta.

Oleh: Erie Sudewo, Pendiri Dompet Duafa

==============

Aneh. Pergantian 2016 ke 2017 nggak jor-joran. Pesta sih masih. Cuma lebih bersahaja. Hasil muhasabah kah? Waduh, saya gak berani jawab.

Di saat begini, saya ingat ucapan Ahmad Sabar. Dia bilang: “Muhasabah ada 10 bagian. Yang 9 bagian introspeksi. Yang 1 bagian senang-senang”. Karena biasa introspeksi, yang senang otomatis terkendali. Namanya 9 lawan 1, jelas siapa unggul?

Kalau begitu, pesta juga 10 bagian dong. Cuma 9 senang, yang 1 introspeksi. Karena biasa senang, begitu mau introspeksi, kendalanya 9 kali lipat. Nah lawan 9, yang 1 siap kalah.

Mustinya yang biasa muhasabah lebih waspada. Mau bobo saja koreksi diri. Padahal shalat 5 waktu, jadi alat muhasabah paling penting. Gak Tahajud, pasti dia sesali banget.

Soal momen, yang biasa muhasabah tak peduli. Kapanpun dan dimanapun bisa koreksi diri. Pas ganti tahun memang bisa dikhususkan. Yakin, kata Ahmad Sabar, dia ingin lebih khusyu koreksi diri. Setahun sekali.

Yang senang pesta juga tak cari momen. Kapanpun dan dimanapun musti selalu senang. Apalagi di pergantian tahun, pasti dia tempatkan jadi puncak kesenangan. Setahun sekali.

Yang biasa muhasabah, waktu amat berharga. Di malam tahun baru, Tahajudnya bakal lebih terasa. Usai Shubuh, 1 Jan’17 bakal dilakoni lebih patuh. Untuk apa? Coba ihtiar agar terhindar dari bencana Al Ashr. “Demi Masa”.

Yang biasa pesta, ya pasti abaikan waktu. Di malam tahun baru, mimpinya jadi orang paling penting. Disiapkan jauh-jauh hari. Di saat pergantian tahun, detiknya ditunggu debaran jantung. Semua nyaris tahan napas, seolah momen hidup mati.

Begitu jarum jam masuk 00.00, serentak dia pimpin teriakan: “Happy New Year”. Mulut teriak, entah hatinya. Kekosongan tak terasa. Sebab semua larut dalam hingar bingar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement