Kamis 29 Dec 2016 13:40 WIB

Cegah Diabetes Militus, Islam Ajarkan Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Agus Yulianto
Penderita diabetes menjalani pengobatan.
Foto: AP Photo/Reed Saxon
Penderita diabetes menjalani pengobatan.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Islam jamak mengajarkan prinsip-prinsip hidup sehat hingga kiat-kiat untuk mencegah berbagai penyakit. Salah satunya adalah kiat untuk mencegah penyakit diabetes mellitus.

Hal ini terungkap dalam forum ‘dialog kesehatan’ yang digelar oleh Silaturahmi Majelis Taklim PT Indonesia Power bersama Rumah Sakit Islam (RSI) Sultan Agung Semarang, di Kabupaten Demak, baru-baru ini. Salah satu tenaga medis spesialis RSI Sultan Agung, dr Ricat H Malik pada kesempatan ini menjelaskan, salah satu prinsip-prinsip hidup sehat dalam Islam adalah berhenti makan sebelum kenyang.

“Jika diterapkan sebagai sebuah kebiasaan, maka hal ini menjadi salah satu cara yang efektif untuk mencegah penyakit diabetes melitus atau kencing manis, selain pola hidup dengan sehat rajin berolahraga,” katanya.

Ricat mengungkapkan, ada sebuah hadis riwayat Abu Daud yang menjelaskan tentang prinsip- prinsip hidup sehat guna menghindarkan diri dari penyakit diabetes mellitus. Hadis ini berbunyi ‘Kita ini golongan ummat yang makan karena sudah lapar dan apabila makan tidak sampai kenyang’.

‘Anjuran’ tersebut, katanya, sudah sesuai dengan prinsip-prinsip untuk menjaga pola makan yang baik, tidak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula, lemak, atau minyak secara berlebihan. Sehingga, kebiasaan ini akan bisa meminimalkan risiko terhadap penyakit yang dipicu oleh kandungan–gula dan lemak—yang tinggi di dalam darah.    

Hadis lain yang menurut dr Ricat sangat relevan dan sesuai dengan prinsip pencegahan penyakit diabetes mellitus adalah himbauan untuk senantiasa berolahraga. Seperti hadis untuk berlatih berenang yang diriwayatkan oleh Thabrani.

Dalam hadis ini dijelaskan, "Segala sesuatu selain dzikir kepada Allah adalah sia-sia kecuali empat perkara: berjalannya seseorang antara dua tujuan, melatih kudanya, mencumbu istrinya dan belajar berenang."

Karena salah satu manfaat yang bisa diperoleh dari olahraga berenang--bagi kesehatan tubuh--adalah membantu menurunkan risiko penyakit diabetes mellitus karena pembakaran kalori yang terjadi. Agar semakin sempurna, prinsip pencegahan diabetes mellitus ini juga harus dibarengi dengan kebiasaan cek gula darah secara teratur.

Langkah tersebut ditempuh untuk melakukan deteksi dini terhadap penyakit diabetes militus. “Sehingga, memungkinkan untuk segera ditangani dan meminimalisir terjadinya komplikasi yang diaibatkan oleh penyakit diabetes mellitus ini,” turur Ricat.

Ia juga menyampaikan, penyakit diabetes mellitus masih menjadi persoalan serius di negeri ini. Karena prevalensi penyakit diabetes mellitus di Indonesia menempati empat besar tertinggi di dunia.

Bahkan jumlah pengidap diabetes di Indonesia terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. “Celakanya, para penderita jamak tidak menyadari jika mereka telah terkena penyakit ini,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement