Selasa 27 Dec 2016 04:43 WIB

Ciri Khas Perayaan Khitan Utsmaniyah

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Agung Sasongko
Dokumentasi penyiapan takjil pada era Ottoman
Foto: theottomanfiles.com
Dokumentasi penyiapan takjil pada era Ottoman

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Salah satu ciri khas dalam perayaan adalah parade Nahil, yaitu berupa miniatur pohon dalam berbagai ukuran. Nahil ini dihiasi berbagai bentuk binatang, buah-buahan, dan bunga. Nahil memiliki ukuran bervariasi, tingginya sekitar 15 meter dan lebar enam meter.

Mengutip laman Muslimheritage, seusai perayaan khitan para pangeran, sebuah karya yang disebut Surname dibuat untuk mengabadikan perayaan. Biasanya, dibuat dalam bentuk prosa ataupun sajak-sajak yang indah. Surname ini juga dibuat saat acara pernikahan putri sultan.

Para sejarawan banyak merujuk Surname, untuk mengetahui beragam acara yang digelar dalam perayaan khitan para pangeran. Sejumlah lukisan juga dimasukkan ke dalam Surname. Ini untuk melengkapi gambaran perayaan khitan para pangeran.

Dalam sebuah karya berjudul Surname-i Vehbi, terdapat lukisan yang menggambarkan perayaan khitan empat putra Sultan Ahmed III, yang digambar pada abad ke-18, oleh seorang pelukis terkenal bernama Levni.

Dalam Surname-i Vehbi, terdapat 137 lukisan yang menggambarkan kehidupan dan tradisi pemerintahan Turki Usmani di Istanbul pada abad ke-18.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement