Ahad 11 Dec 2016 22:46 WIB

Jika Cinta Rasul Amalkanlah Alquran

Muhaimin Iskandar
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Muhaimin Iskandar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Inisiator Gerakan Nusantara Mengaji A Muhaimin Iskandar mengatakan bila mencintai dan menghormati Nabi Muhammad SAW, maka umat Islam, khususnya bangsa Indonesia harus memahami dan mengamalkan Alquran. "Seluruh tuntunan kebahagian hidup dunia dan akhirat terdapat dalam Alquran," katanya dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Ahad (11/12).

Muhaimin menyampaikan hal itu dalam acara khataman Akbar Nusantara Mengaji se-Kota Bogor sekaligus peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Baitul Faizin, Bogor, Jawa Barat. Dia mengatakan pemahaman itu dimulai dari intensitas tinggi membaca Alquran. "Mengapa khataman (Alquran) sebanyak-banyaknya karena di dalamnya terdapat doa," tutur Cak Imin, sapaan Muhaimin.

Menurut Cak Imin, Alquran adalah rujukan utama meneladani Rasulullah SAW. Alquran adalah cerminan akhlak Rasul. Keluhuran akhlak menjadi penting penopang kemajuan sebuah negara.

Peradaban semaju apapun bila tidak ditopang dengan akhlak sejatinya sangat rapuh. Menurut dia, banyak negara maju namun dekadansi moral merajalela seperti pembunuhan, perceraian, dan sebagainya akibat stres. "Padahal bagaimanapun kemajuan lahiriah harus diperkuat dengan spiritualitas dan akhlak. Islam, akhlak, dan kemajuan jangan dipisahkan," katanya.

Ia juga mengingatkan generasi muda kembali menggali dan meneladani sosok Rasulullah SAW. Hal ini dinilai penting mengingat kecenderungan generasi muda berdasarkan survei cenderung apatis, egois, dan tidak percaya diri meski unggul di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. "Generasi muda harus jadi teladan generasi tangguh," katanya.

Dia berharap peringatan Maulid Nabi SAW tahun ini menjadi momentum perubahan kemajuan ummat Indonesia dan dunia.

Acara khataman Alquran yang kembali digalakkan Nusantara Mengaji ini juga dilaksanakan di seluruh kecamatan se-kabupaten Bogor.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement