Jumat 09 Dec 2016 17:00 WIB

Pahatan Khas Seljuk di Masjid Divrigi

pahatan di bagian depan masjid Divrigi
Foto: Wikipedia
pahatan di bagian depan masjid Divrigi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masjid Agung Dvirigi  berada di antara tiga kota ini mempunyai sejarah yang cukup panjang dan masih berdiri sampai sekarang. Bangunan ini pernah menjadi ruang persembunyian harta Topkapo Sarayi. Bangunan tersebut merupakan gabungan dari masjid dan madrasah (sekolah) untuk kedokteran dan rumah sakit.

Masjid dan rumah sakit berdiri berdampingan menghadap utara dan selatan. Masjid memiliki dua pintu utama, yaitu arah utara dan barat. Sedangkan, untuk menuju rumah sakit, orang-orang dapat masuk melalui pintu di sebelah barat. Alih-alih ruangan luas seperti masjid lainnya, masjid ini dibagi menjadi lima lajur yang menghadap kiblat.

Masjidnya lebih lebar dan luas dibandingkan rumah sakit. Namun, umur masjid lebih tua dibandingkan rumah sakit meskipun keduanya sama-sama memiliki ukiran yang indah dan rumit. Masjid Divrigi mempunyai dua pintu masuk, yaitu di bagian barat dan bagian utara. Pintu masuk di bagian timur dibuat pada 1241 dengan gaya Seljuk. Pintu ini akhirnya diubah menjadi jendela.

Pintu barat masjid berbentuk persegi raksasa dengan ukiran sangat indah. Di tengahnya terdapat lengkungan kecil yang diletakkan di atas pintu yang berukuran lebar. Seperti pintu masuk yang lainnya, pintu masuk bagian barat ini sedikit menjorok ke depan dari dinding dan didekorasi dengan sedikit pengaruh Armenia. 

Secara khusus, terdapat dua buah pilar yang mengapit pintu masuk, tetapi tidak termasuk arsitektur Seljuk ataupun Suriah. Pengaruh manuskrip Armenia dapat ditemukan dalam ukiran bunga-bunga di pilar tersebut. Portal utara merupakan jalan utama menuju masjid. 

Tidak hanya merupakan pahatan untuk mengenang Sultan Aladdin Keykubad dan pembuatnya, Ahmad Shah, tetapi juga merupakan tempat tertinggi dibandingkan bangunan masjid yang lain. Seperti pintu utama menuju rumah sakit, pintu utama masjid ini dihiasi oleh berbagai ukiran yang indah dan rumit. Ukiran ini menunjukkan betapa tinggi seni pembuatannya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement