Rabu 07 Dec 2016 13:44 WIB

Gelar Rapat, MUI Jabar Bahas KKR di Sabuga

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agung Sasongko
Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jabar
Foto: Republika/Edi Yusuf
Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jabar

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat, menggelar rapat untuk mengumpulkan informasi yang lengkap terkait penghentian acara Kebaktian Kebangunan Rohani atau KKR di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Bandung, Selasa malam (6/12).   

"Saya sedang mengumpulkan informasi terkait hal itu agar informasinya lengkap," ujar Sekretaris MUI Jabar, Rafani Achyar kepada Republika.co.id, Rabu (7/12).

Menurut Rafani, Ia berharap semua pihak dapat terus menjaga keamanan dan ketertiban di Jabar khususnya Kota Bandung. Karena, selama ini Jabar dikenal sebagai provinsi yang kondusif.  "Ya intinya itu, Jabar tetap aman dan kondusif," katanya.

Sebelumnya, Ketua Pembela Ahlus Sunnah (PAS) Muhammad Roin mengatakan, ia dan sejumlah anggotanya meminta penyelenggara KKR menghentikan sesi kedua acara tersebut pada malam hari. Adapun acara sesi pertama KKR berlangsung pada pukul 13.00-15.00 WIB.‬ Setelah itu, penyelenggara menyepakati jam 18.00 WIB tidak dilanjutkan.

"Kita menyarankan supaya mereka melaksanakan ibadahnya di tempat yang sesuai dengan undang-undang negara ini," kata Roin.

‪Roin mengatakan, pihaknya tidak melarang aktivitas keagamaan yang diselenggarakan oleh umat agama lain.‬ Namun, ia meminta agar KKR dipindahkan ke rumah ibadah sesuai dengan Surat Peraturan Bersama (SKB) Tiga Menteri Nomor 9 Tahun 2006 dan Nomor 8 Tahun 2006.‬

‪Setelah berdiskusi, panitia pelaksana KKR sepakat menghentikan kebaktian sesi kedua pada malam hari.‬

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement