Rabu 16 Nov 2016 16:22 WIB

Berharap Siswa MAN 1 Pringsewu Termotivasi Fadilah Yasin

 Santri membaca Alquran berjamaah
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Santri membaca Alquran berjamaah

REPUBLIKA.CO.ID, PRINGSEWU -- Saat menyampaikan kultum atau khutbah di Masjid Jabal Nur Kompelk MAN 1 Pringsewu, salah satu siswa perwakilan dari kelas XI IIS 3, Yastafid, menjelaskan, tentang Fadhilah Surat Yasin. Tidak tanpa dengan alasan, siswa ini, mengangkat tema tersebut. Hal ini, karena saat-saat ini seluruh siswa dan siswi MAN 1 Pringsewu sedang dalam proses menghafalkan surat ini.

Setiap pagi di jam ke nol dan sebelum pulang ke rumah masing-masing, para pelajar selalu menghafalkan bersama-sama di kelas masing-masing. Saat ini, rata-rata sudah proses menghafal sampai dengan ayat 60.

'Rahasia Hikmah dan Kelebihan Membaca Surat Yasin' telah disampaikan Rasulullah SAW melalui sabdanya, "Bacalah Surat Yasin karena ia mengandungi keberkatan". Di antara keberkahan atau fadhilahnya adalah apabila orang lapar, maka membaca Surat Yassin, ia menjadi kenyang. Jika orang tidak mempunyai pakaian akan mendapat pakaian, dan jika orang belum menikah, maka segera mendapat jodoh.

Fadhilah lain, menurut Yastafid, adalah jika dalam ketakutan akan hilang perasaan takut. Jika terpenjara akan dibebaskan, jika musafir membacanya, maka akan mendapat kesenangan apa yang dilihatnya. Jika tersesat, maka sampai ke tempat yang ditujuinya. Jika dibacakan kepada orang yang telah meninggal dunia, Allah meringankan siksanya. Jika orang yang dahaga membacanya, maka hilang rasa hausnya dan jika dibacakan kepada orang yang sakit, maka terhindar daripada penyakitnya.

Rasulullah juga mengatakan bahwa Yasin adalah hati dari Alquraan. Hal ini sebagaimana disabdakan beliau yang artinya: "Sesungguhnya setiap sesuatu mempunyai hati dan hati AlQuran itu ialah Yassin. Sesiapa membaca surat Yassin, niscaya Allah menuliskan pahalanya seperti pahala membaca Alquran sebanyak 10 kali".

Dari Fadhilah ini, Yastafid mengimbau, kepada seluruh civitas akademika MAN 1 Pringsewu untuk dengan tekun mengamalkan surat Yasin. Terlebih, dia berharap, fadhilah ini dapat lebih memotivasi para siswa untuk menghafalnya.

sumber : kemenag.go.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement