Sabtu 05 Nov 2016 12:41 WIB

Optimalkan Pengelolaan Zakat, Pemkab Fasilitasi Koordinasi Tugas Pimpinan Baznas Kolaka

Ilustrasi Zakat
Foto: Agung Supriyanto/Republika
Ilustrasi Zakat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Guna mengoptimalkan peran dan fungsi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di daerah dalam pengelolaan zakat, infaq dan shadaqah sesuai amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat, Pemkab Kolaka memfasilitasi kegiatan koordinasi tugas pimpinan dan pelaksanaan Baznas Kolaka, di Kantor Baznas Pusat, di Jakarta.

Pemkab Kolaka diwakili Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat Setda Kolaka Hj Andi Wahidah yang hadir bersama para pimpinan Baznas Kolaka  diterima Kepala Divisi Perencanaan, Pengembangan dan Pengendalian Baznas Pusat, Efri Syamsul Bahri didampingi stafnya Sarniti, serta Manager Penelitian dan Pengembangan Baznas, Khuzaifah Hanum. Sejumlah agenda penting pada serangkaian kegiatan itu diawali pertemuan dan konsultasi, pemaparan dan pemetaan Rencana Strategis (Renstra) Baznas, Rencana Kerja, serta peninjauan sistem kerja dan pengelolaan Baznas.

Kabag Kesra Setda Kolaka Hj Andi Wahidah, sebelum menyampaikan laporan pada pertemuan koordinasi itu, menyerahkan Keputusan Bupati Kolaka Nomor: 188.45/289/2016 tentang Pengangkatan Pimpinan Baznas Kabupaten Kolaka Periode 2016-2021, yang diterima Divisi Perencanaan, Pengembangan dan Pengendalian Baznas Pusat, Sarniti. Andi Wahidah melaporkan, bahwa pimpinan Baznas Kolaka yang telah diangkat dan dikukuhkan pada Oktober 2016. 'Mereka ini merupakan hasil seleksi dan rekomendasi Baznas Pusat," ujarnya.

Pimpinan Baznas Kolaka itu adalah H M Arsyad (ketua), yang memimpin pelaksanaan tugas Baznas dan pengelolaan zakat). Selanjutnya ada tiga unsur wakil ketua, masing-masing Wakil Ketua I H M Rusli yang memimpin bidang tugas pengelolaan pengumpulan zakat, Wakil Ketua II H M Syahrir Sanusi yang memimpin bidang tugas pengelolaan pendistribusian dan pendayagunaan zakat, dan Wakil Ketua III Hasdin Al Juddawie yang memimpin bidang pengelolaan perencanaan, keuangan dan pelaporan, sekaligus bertanggung jawab di bidang adminsitrasi perkantoran, sumber daya manusia, komunikasi, umum dan pemberian rekomendasi.

Terkait kegiatan koordinasi tugas pimpinan, Andi mengatakan, jika hal tersebut merupakan wujud tanggung jawab sekaligus bentuk perhatian pemdah dalam mendukung pemberdayaan serta suksesnya peran dan fungsi Baznas Kolaka. Karena itu, pemda sangat berharap agar dengan koordinasi ini seluruh pimpinan Baznas dapat lebih memahami bagaimana sesungguhnya implementasi tugas dan fungsi Baznas. "Pak Bupati dan kita semua sangat menginginkan terwujudnya pengelolaan zakat secara profesional," ujar dia.

Kepala Divisi Perencanaan, Pengembangan dan Pengendalian Baznas Pusat, Efri Syamsul Bahri menyambut baik dan mengapresiasi koordinasi yang diinisiasi Pemkab dan Baznas Kolaka. Dia mengharapkan, melalui koordinasi itu Baznas Kolaka dengan dukungan penuh dari pemerintah setempat dapat mewujudkan bahkan mengoptimalkan perannya.

sumber : kemenag.go.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement