Selasa 01 Nov 2016 17:06 WIB

Relawan MCI-Gemas Bakal Aktif Bersihkan Sampah pada Demo 4 November

Komunitas Mualaf Ceter Indonesia mengadakan acara memungut sampah pada kegiatan car free day, di Bundaran HI, Ahad (16/11).
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Komunitas Mualaf Ceter Indonesia mengadakan acara memungut sampah pada kegiatan car free day, di Bundaran HI, Ahad (16/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mualaf Center Indonesia dan penggiat Gerakan Membersihkan Masjid (Gemas) mengagendakan aksi bersih-bersih pada demontrasi Bela Islam 4 November mendatang. Sejumlah relawan baik dari kalangan umum dan mualaf telah mendaftar.

"Alhamdulillah saat ini yang sudah tergabung 46 orang juga ditambah perwakilan beberapa lembaga dan komunitas insyaAllah pada hari H akan banyak yang terlibat," kata Kordinator Gemas, Romadi Yanto, dalam pesan singkatnya, kepada Republika.co.id, Selasa (1/11).

Romadi menjelaskan, para relawan ini nantinya aktif membersihkan sampah, juga menyediakan sarana dan peralatan kebersihan. "Juga mengajak peserta aktif membersihkan sampah yang ada," kata dia.

Sebelumnya, Gerakan Nasional Pendukung Fatwa MUI (GNPF-MUI) terus melakukan berbagai persiapan menjelang aksi bela Islam, Jumat (4/11) mendatang, agar aksi berjalan lancar. Persiapan tersebut terkait jumlah massa yang diperkirakan terus bertambah, dukungan baik moril dan materiil, dan juga logistik.

"Sudah ada juga imbauan untuk melaksanakan aksi dengan tertib, damai, menjunjung tinggi hukum, dan tidak anarkistis," ujar anggota GNPF-MUI Fahmi Salim kepada Republika.co.id, Selasa (1/11).

Dia menyebut, dalam aksi tersebut diperkirakan akan semakin banyak tokoh yang ikut turun, baik itu tokoh nasional, tokoh Muslim, hingga tokoh politik. Para peserta tak hanya datang dari DKI Jakarta, tapi juga dari daerah lain di Tanah Air. Fahmi memprediksi, hingga kini peserta yang akan hadir sedikitnya mencapai 500 ribu orang. "Semakin mendekati hari H, akan semakin banyak pesertanya," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement