Senin 31 Oct 2016 10:43 WIB

Indahnya Bershalawat Bersama Santri

Santri melantunkan shalawat. (Ilustrasi) (Republika/ Raisan Al Farisi)
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Santri melantunkan shalawat. (Ilustrasi) (Republika/ Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, TABANAN -- Semarak kegiatan dalam rangka menyambut Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) kedua yang jatuh pada 22 Oktober lalu, dilaksanakan di semua penjuru Nusantara. Tak hanya melibatkan instansi pemerintah, tapi juga pondok pesantren, madrasah, sekolah, masjid, diniyah, TPQ, organisasi kemasyarakatan dan lain sebagainya.

Tak kalah ketinggalan di Yayasan Al-Amin Tabanan-Bali juga turut melaksanakan berbagai kegiatan dalam menyambut Hari Santri Nasional 2016 yang melibatkan seluruh santriwan-santriwati /siswa-siswi dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), pengurus yayasan, dewan guru, wali murid dan warga Muslim di lingkungan Yayasan Al-Amin Tabanan. Kegiatan tersebut dilaksanakan sehari penuh, belum lama ini.

Kegiatan itu khotmil Quran, shalat jumat berjamaah, istighotsah, pembacaan 1 milyar shalawat Nariyah, dan doa bersama. Kegiatan tersebut diikuti dengan kompak dan penuh kekhusyuan bersama semua jamaah kurang lebih melibatkan 700 orang.

Adapun tujuan dari serangkaian kegiatan tersebut menurut Ketua Yayasan Al-Amin Tabanan HM Anwar Haryono adalah berdoa kepada Allah SWT untuk internal warga yayasan. Yakni, agar murid-muridnya menjadi anak yang shalih/shalikhah, dewan gurunya istiqomah dan profesional dalam menyampaikan ilmu pengetahuannya, madrasah Al-Amin ke depan semakin berprestasi, dan doa bersama ditujukan untuk keutuhan, keamanan, dan keselamatan Bangsa Indonesia.

Dikatakan ketua panitia Amron Sudarmanto, selaku ummat Islam wajib hukumnya membacakan shalawat kepada Rasulullah Muhammad SAW. Sebab, melalui perantaraan Rasulullah, umat Islam dikenalkan dengan agama yang penuh dengan rasa cinta dan kasih sayang kepada sesama manusia yakni Ad-dinul Islam.

"Dan melalui agama Islam lah manusia bisa menggapai kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat. Sebagaimana Allah mewajibkan kita sebagai ummat yang beriman untuk senantiasa bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW," katanya. Dia pun mengutip surat Al-Ahzabayat 56 yang artinya: "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya".

sumber : kemenag.go.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement