Kamis, 25 Safar 1441 / 24 Oktober 2019

Kamis, 25 Safar 1441 / 24 Oktober 2019

Innaalillahi, Mantan Rektor Unissula Berpulang

Rabu 26 Okt 2016 13:55 WIB

Red: Damanhuri Zuhri

Kampus Unissula Semarang

Kampus Unissula Semarang

Foto: http://imams.edublogs.org

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Keluarga besar Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang berduka. Mantan Rektor Unissula, Dr dr HM Rofiq Anwar SpPA berpulang ke Rahamatullah, Rabu (26/10) ini, sekitar pukul 09.15 WIB, di Rumah Sakit Islam (RSI) Sultan Agung Semarang.

Sebelumnya, Rofiq Anwar yang menjabat Rektor Unissula periode 2001- 2005 dan 2005- 2009 ini menjalani perawatan di RSI Sultan Agung akibat penyakit yang dideritanya. Namun Allah SWT berkehendak lain dan ‘memanggilnya’ pada usia 72 tahun.

Rektor Unissula, Anis Malik Thoha LC MA PhD dalam pidato pelepasan mengakui, kepergian Dr dr HM Rofiq Anwar meningggalkan duka yang mendalam bagi keluarga besar dan seluruh civitas akademika Unissula.

Ini tak lain karena tokoh kelahiran Banjarnegara, 13 November 1944 ini bukan sekadar sosok bapak, guru, pemimpin serta panutan bagi kalangan dunia pendidikan dan keluarga besar Unissula.  Kiprah Rofiq Anwar --selama memimpin Unissula-- juga telah menorehkan lembaran sejarah, dengan menancapkan akar implementasi Budaya Akademik Islami (Budai) di lingkungan kampus Unissula.

Bahkan Budai menjadi budaya religius yang terus dilestarikan hingga sekarang, sekaligus menjadi strategi pendidikan yang terus dikembangkan oleh stakholder kampus Unissula Semarang. “Inilah yang membuat kami –keluarga besar Unissula dan segenap Civitas Akademika-- merasa kehilangan dengan kepergian pak Rofiq ini,” tegas Anis.

Suasana duka pun menyeruak saat jenazah Dr dr HM Rofiq Anwar dishalatkan di masjid kompleks kampus Unissula, Kaligawe, pada pukul 11.30 WIB. Ribuan warga kampus Unissula ikut mendoakan kepergiannya.  

Tampak diantaranya Ketua Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA), Hasan Thoha Putra berikut para pengurus yayasan, para pejabat di rektorat Unissula serta keluarga besar RSI Sultan Agung Semarang seta beberapa rektor PTN dan PTS di Semarang.

Pun demikian saat mengantarkan jenazah ke tempat peristirahatan terakhir, di komplek Makam Undip, Tembalang. Selama hidupnya, Rofiq Anwar pernah mengisi jabatan sebagai Staf Ahli RSI Sultan Agung, Pembantu Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang periode 1994-1998.

Almarhum juga pernah menjabat sebagai Kepala Program Studi (Kaprodi) Patologi Anatomi Fakultas Kedokteran (FK) Undip (2000- 2005) serta Direktur RS Roemani Semarang (1986- 1991).

Sebelum akhirnya HM Rofiq Anwar menjabat sebagai Rektor Unissula dua periode. Masing- masing periode 2001- 2005 serta periode 2005- 2009 dan digantikan oleh Anis Malik Thoha.



BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA