Rabu 26 Oct 2016 10:58 WIB

Menggugah Kasadaran Melalui Shalat Berjamaah

Siswa beserta guru  melakukan shalat berjamaah. (Ilustrasi)
Siswa beserta guru melakukan shalat berjamaah. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KABANJAHE -- Seluruh pelajar MAN Kabanjahe melaksanakan shalat Zuhur secara berjamaah setiap harinya. Bertempat di ruang mushala MAN Kabanjahe, mereka secara bergantian melaksanakan shalat Zuhur.

Mushola MAN Kabanjahe selain digunakan sebagai tempat melaksanakan shalat Zuhur juga digunakan sebagai tempat untuk melatih qari/qariah, hafiz/hafizah. Para guru juga turut hadir dalam pelaksanaan shalat Zuhur berjamaah ini.

Selain itu, menurut WKM Kurikukum Bukhori SPdI, MAN Kabanjahe telah melaksanakan kurikulum 2013 dan aktif melaksanakan mata pelajaran lintas minat. Sehingga, siswa dan siswi MAN Kabanjahe mengikuti pelajaran hingga dengan pukul 17.30 WIB. "Mereka juga melaksanakan shalat Ashar secara berjamaah," ujarnya.

Kepala MAN Kabanjahe Drs Hotman Efendi Tanjung MMPd menjelaskan, bahwa para pelajar MAN Kabanjahe senantiasa dengan kesadaran pribadi melaksanakan shalat secara berjamaah. Menurut dia, yang terpenting pendidikan di madrasah adalah menggugah kesadaran.

"Tidak perlu ada pemaksaan. Dan ini terbukti bahwa siswa MAN Kabanjahe, misalnya dalam hal baris pada apel pagi, saat sekarang ini secara teratur meluruskan barisannya sendiri banjar dan safnya. Ini merupakan buah dari kesadaran yang telah melekat di hati pelajar," ujar Hotman.

Dirinya pun berharap, dengan kesadaran seperti itu, maka dapat meningkatkan kedisiplinan dalam menuntut ilmu.

sumber : kemenag.go.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement