Senin 24 Oct 2016 12:14 WIB

Tax Amnesty, Reklamasi, dan Buruh Asing: Hasil Bahtsul Masail Ulama se-Jawa dan Madura

Seorang santri tengah membaca kitab kuning
Seorang santri tengah membaca kitab kuning

JAKARTA -- Selama tiga hari, 750 santri dari 336 Pondok Pesantren berkumpul di Komplek Pesantren Babakan, Ciwaringin, Cirebon. Para santri yang berasal dari 32 kabupaten/Kota se-Jawa dan Madura tersebut menggelar Bahtsul Masail (pembahasan masalah) untuk menjawab berbagai permasalahan umat.

Ketua Panitia Bahtsul Masail, Dr KH Arwani Syaerozie menuturkan, Bahtsul Masail yang dihelat pada tahun ini merupakan Bahtsul Masail ke 30 yang diadakan Forum Musyawarah Pondok Pesantren (FMPP).

“Selama 30 tahun, ini untuk pertama kalinya Bahtsul Masail diadakan di Jawa Barat,” katanya melalui release yang diterima Republika.co.id, (24/10).

Dalam forum tersebut, permasalahan yang dibahas sangat beragam. Beberapa di antaranya sudah menjadi kebijakan pemerintah. Syaerozie pun menjelaskan bila sejumlah mawdhu’ (tema) yang dibahas dalam forum Bahtsul Masail merupakan as’ilah (pertanyaan) yang disodorkan masing-masing pesantren.

As’ilah tersebut kemudian dipilah sebelum menjadi tema bahasan dalam Bahtsul masail, jelasnya.

Untuk menjawab problematika umat, para santri peserta Bahtsul Masail dibagi menjadi empat komisi. Komisi A membahas lima permasalahan, yakni : implementasi resolusi jihad di era modern, hukum laundry pakaian, Piagam Madinah sebagai konstitusi negara untuk masyarakat plural, ancaman limbah pabrik, dan hukum Pokemon Go.

Komisi B membahas mengenai : Perda Syariah, kekerasan terhadap murid, dan bermazhab secara manhaji. Komisi C membahas mengenai hukum tax amnesty, fasilitas Wi-Fi di Masjid, hukum proyek reklamasi, dan hukum memperingati hari Kemerdekaan RI dengan pesta pora/hura-hura.

Adapun Komisi D membahas mengenai hukum mempekerjakan buruh asing, hukum ekspor bahan baku atau mentah, serta hukum mencabut status kewarganegaraan teroris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement