Selasa 18 Oct 2016 11:28 WIB

Wali Kota Padang: Masjid Tempat Pembinaan Akhlak Generasi Muda

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah
Foto: antara
Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Wali Kota Padang, Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah, menyarankan agar masjid atau mushalla yang ada di kota Padang, menjadi tempat pembinaan ahklak generasi muda.

"Tidak hanya tempat ibadah, masjid juga bermanfaat untuk pembinaan masyarakat dan pembentukan kekuatan generasi muda," kata Mahyeldi di Padang, Selasa.

Menurut Wali Kota, kegiatan mingguan bahkan harian seperti didikan Shubuh atau wirid remaja hingga Pesantren Ramadhan menjadi salah satu bentuk pembinaan di masjid. Dalam hal ini anak-anak dan remaja dikuatkan dengan pemahaman materi tentang agama sekaligus prakteknya dalam beribadah.

Selain itu juga dibina dalam hal moral dan akhlaknya seperti kedisiplinan, kejujuran hingga ketegasan dalam bertindak. "Tidak heran saat ini hafalan nama-nama Allah atau Asmaul Husna, dan hafalan Alquran semakin banyak dimiliki remaja Kota Padang," tambahnya.

Terlebih saat ini sebagian besar sekolah di Kota Padang memiliki masjid yang representatif sehingga memudahkan dalam pengawasannya. "Yang perlu jadi perhatian bagi generasi muda yakni aplikasinya di kehidupan," ujarnya.

Menurut Mahyeldi, meski telah dibina di masjid melalui berbagai program pendidikan agama, pengawasan dengan pendekatan terpuji tetap perlu dilakukan oleh para guru dan orang tuanya. Setidaknya, kata Mahyeldi, orangtua dan guru juga bisa memotivasi anaknya dalam beribadah seperti memerintahkan dan mengajarkan shalat atau mengawasi kehidupan sosialnya.

"Bila ini telah sejalan, semakin lengkaplah peranan masjid dalam membentuk keimanan dan ketaqwaan generasi muda yang muaranya untuk memunculkan pemimpin yang terbaik," kata dia.

Sementara itu salah satu pembina Taman Pendidikan Alquran di Masjid Banda Buek Padang, Ustaz Zainal, menilai peranan orangtua di rumah dan guru sekolah lebih dominan memengaruhi siswa dalam hal pergaulan. Menurutnya pembinaan di masjid bermanfaat untuk memperkuat materi dan pemahaman keagamaan Islam bagi siswa namun aplikasinya bergantung pada ajaran orang tua dan gurunya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement