Rabu 05 Oct 2016 10:07 WIB

HDC Malaysia Raih Halal Industry Development Award 2016

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Agus Yulianto
Perdana Menteri Malaysia Najib Razak dalam forum halal dunia
Foto: ap
Perdana Menteri Malaysia Najib Razak dalam forum halal dunia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Halal Industry Development Corporation (HDC) Malaysia meraih penghargaan Halal Industry Development Award dalam gelaran Global Islamic Finance Awards (GIFA) 2016 yang digelar di Jakarta, akhir pekan lalu. Malaysia dan HDC tidak akan berhenti dan tetap berkomitmen mengembangkan sektor halal serta mengintensifkan kegiatan industri yang bernilai tambah tinggi ini

"Penghargaan ini adalah bukti dikenalnya HDC secara internasional atas upaya HDC mengembangkan industri halal di Malaysia," kata CEO HDC, Jamil Bidin seperti dikutip Bernama, Selasa (4/10).

Merealisasikan potensi besar yang dimiliki di industri halal ini, ujar Jamil, merupakan upaya nyata yang kemudian dikembangkan saat HDC didirikan pada 2006 lalu. HDC membuat rencana induk Halal Industry Development Master Plan (HIMP) 2008-2020 yang bertujuan mengarahkan industri halal sebagai mesin baru pertumbuhan ekonomi. Langkah ini juga sejalan dengan usaha Pemerintah Malaysia untuk mendiversifikasi kegiatan ekonomi Malaysia.

Didirikan pada 18 September 2006, HDC mengkoordinasikan semua pengembangan industri halal di Malaysia. HDC adalah badan khusus di bawah Kementerian Perdagangan dan Industri Malaysia.

Penghargaan yang diterima HDC dari GIFA 2016, kata Jamil, juga ditujukan untuk mantan Perdana Menteri Malaysia Abdullah Ahmad Badawi yang dengan kepemimpinannya telah membuat industri halal jadi agenda penting di Malaysia dan global.

Jamil menyatakan, Malaysia dan HDC tidak akan berhenti dan tetap berkomitmen mengembangkan sektor halal serta mengintensifkan kegiatan industri yang bernilai tambah tinggi ini. Malaysia mengangkat potensi ekonomi halal di titik awal ekonomi ini mulai nampak hassilnya. Dan selama beberapa dekade telah merawat sistem ekonomi halal yang akhirnya menempatkan Malaysia sebagai salah satu pemain utama industri ini.

Malaysia juga berkomitmen memperjuangkan agenda halal yang tercermin dari dibentuknya Dewan Halal Nasional Malaysia yang dipimpin Deputi Perdana Menteri Ahmad Zahid Hamidi. "Pendekatan kami holistik dan misi kami bulat: untuk membuat Malaysia menjadi pusat halal dunia. Penghargaan ini sangat berarti bagi HDC yang merayakan usianya yang telah mencapai satu dekade tahun ini," kata Jamil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement