Senin 03 Oct 2016 08:47 WIB

Parmusi akan Kirim Lima Dai Tiap Kecamatan

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Agus Yulianto
Dai di pedalaman Papua harus tahan banting kala berdakwah. Medan seberat apa pun tak menyurutkan langkah mereka.
Foto: Dok AFKN
Dai di pedalaman Papua harus tahan banting kala berdakwah. Medan seberat apa pun tak menyurutkan langkah mereka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu implementasi dari perubahan dimensi dakwah Parmusi ke sosial, ekonomi dan pendidikan adalah pengiriman dai-dai ke seluruh wilayah Indonesia. Setidaknya, ada lima dai yang akan ditempatkan di setiap kecamatan.

Ketua Umum PP Parmusi, Usamah Hisyam, menuturkan, salah satu impementasi terdekat dari perubahan paradigma dakwah Parmusi adalah mengirimkan dai-dai ke seluruh Indonesia, setidaknya lima dari setiap kecamatan. "Nanti kita akan cari dan terjunkan minimal lima dai tiap kecamatan," kata Usamah kepada Republika, Ahad (2/10).

Ditegaskan Usamah, pencarian dari itu sendiri tidak dilakukan dengan sembarangan. Hal ini, kata dia, dai yang akan diterujunkan nanti, harus dai yang memiliki komitmen teguh. Kata dia, nantinya dai-dai yang akan diterjunkan akan diberikan sejumlah pelatihan terlebih dulu.

Usamah menekankan, dai-dai yang terpilih akan diterjunkan ke daerah-daerah terpencil, terluar, dan tertinggal di seluruh Indonesia. Karena itu, ia menegaskan dai-dai yang akan diterjunkan harus memiliki komitmen khusus.

Terkait pergantian paradigman Parmusi, ia menilai, dakwah sosial, ekonomi, dan pendidikan lebih konkrit dibanding politik. Menurut Usamah, langkah itu lebih bisa mewujudkan tujuan Parmusi membangun masyarakat madani, sejahtera lahir, dan batin dalam Ridha Allah SWT. "Jadi secara orang per orang lebih bisa memahami akidah islamiyah," ujar Usamah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement