Senin 03 Oct 2016 08:20 WIB

Ikhlas Macet dan Siap Membekali Sportivitas

Ustaz Erick Yusuf
Foto: Republika/Amin Madani
Ustaz Erick Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID, oleh: Ustaz Erick Yusuf *)

Alhamdulillah sebagai orang Jawa Barat tentu saya sangat senang dengan keberhasilan Jawa Barat meraih titel juara pertama dalam PON XIX/2016 yang digelar di Jawa Barat, belum lama ini.

Sebagaimana yang kita ketahui, dalam agama, manusia itu terdiri dari ruh dan jasad. Para atlet, tidak melulu dibenahi oleh kemampuan fisik saja, tapi juga mesti dengan sportivitas.

Nah...nilai-nilai sportivitas itu sangat dijunjung dalam Islam. Jika kita melihat arti sportif dalam kamus besar bahasa Indonesia, adalah jujur atau kejujuran. Tentu, ini mencerminkan salah satu sifat Rasul SAW shiddiq. Secara luas, sportif diartikan menegakkan kebenaran atau Al Haq.

Dalam olahraga orang-orang yang curang, meminum dopping, mengerjai wasit, berlaku kasar, tidak menerima kekalahan, bahkan sombong, menghina lawan, dan merendahkan dalam kemenangan, itu termasuk tidak sportif atau keluar dari nilai sportivitas.

Sportivitas merupakan sikap tunduk ikut aturan terhadap rule of game. Para pelanggarnya dalam Agama disebut //Fasiq// (tidak tunduk pada aturan). Iblis contoh fasiq yang pertama ketika ia menolak perintah Allah SWT agar bersujud (sebagai penghormatan) kepada Adam as, diikuti oleh Qabil dan seterusnya. Lihat betapa sangat tidak sportifnya mereka.

Sedangkan Nabi Muhammad SAW mengajarkan bagaimana bersikap sportif, lihat contoh Hadis, "Andai Fatimah putri Muhammad mencuri, maka akulah sendiri yang akan memotong tangannya".

Karenanya membangun manusia shiddiq, manusia yang jujur itu sangatlah penting. Olahraga satu hal yang dapat melatih sportivitas tentu selain intinya adalah agama.

Karenanya, dalam konteks kesuksesan Jawa Barat yang di komandani oleh Gubernur Jabar yang shaleh, Ustaz Ahmad Heryawan, maka saya sebagai pimpinan lembaga dakwah iHAQi beserta seluruh staf siap untuk membekali para atlet Jawa Barat dalam mengembangkan sifat shiddiq atau sportivitas untuk menghadapi PON, SEA GAMES, bahkan Olimpiade mendatang.

Alhamdulillah Kang Aher, abdi ikhlas bandung/Jabar macet kemarin asal 'JABAR kahiji'..

Sukses Kang Aher, Kang Demiz (Deddy Mizwar Wagub Jabar) beserta seluruh jajarannya, juga tentu para atlet dan seluruh masyarakat Jawa Barat .. Barakallohu fii kum

*) Pimpinan SMP Kreatif iHAQi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement