Sabtu 01 Oct 2016 06:11 WIB

LAZ Al-Azhar Cari Peserta Program Pendamping Desa

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Dwi Murdaningsih
Perayaan HUT RI di desa gemilang binaan Al Azhar Peduli Umat.
Foto: Al Azhar Peduli Umat
Perayaan HUT RI di desa gemilang binaan Al Azhar Peduli Umat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- LAZ Al Azhar sedang mencari pendamping desa atau yang disebut Dasamas (Da’i Sahabat Masyarakat). Tujuan Dasamas nantinya mendampingi desa-desa binaan yang tersebar di sebelas provinsi.

Manajer Program LAZ Al Azhar Agus Nafi’ mengatakan kriteria calon Dasamas yaitu memiliki pengetahuan agama yang mumpuni dan pengetahuan dasar pertanian dan peternakan. “Para calon Dasamas juga harus siap ditempatkan di desa-desa binaan di lokasi terpencil yang jumlahnya terus meningkat,” katanya dalam keterangan resmi, Jumat (30/9).

Agus menjelaskan peran Dasamas sangat penting dalam keberhasilan program pemberdayaan masyarakat. Sebab terdapat peran pendamping atau fasilitator masyarakat guna menentukan tercapai atau tidaknya target-target program pemberdayaan masyarakat. Selain itu, para pendamping masyarakat menjalankan fungsinya sebagai fasilitator, motivator, trainer dan mobilisator dalam masyarakat dengan beragam profesi dan karakternya.

"Para Dasamas menjadi perekat komponen masyarakat untuk bersama-sama menggali potensi daerah yang kemudian menyusunnya dalam bentuk rencana program pembangunan desa, dan masyarakat pulalah yang melaksanakannya secara bergotong royong," kata dia. Diketahui, bagi yang ingin menjadi seorang Dasamas bisa langsung mengirim lamaran melalui emai ke [email protected] guna mengikuti proses seleksi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement