Senin 26 Sep 2016 15:00 WIB

Mengintip Bagian dalam Masjid King Fahd Buenos Aires

Rep: c62/ Red: Agung Sasongko
Bagian dalam Masjid King Fahd, Buenos Aires, Argentina.
Foto: tumblr.com
Bagian dalam Masjid King Fahd, Buenos Aires, Argentina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah membahas bagian luar masjid, saatnya kita membahas bagian dalam Masjid King Fahd Islamic Center Buenos Aires, Argentina.  Bagian dalam masjid ini dibagi menjadi dua bagian, ruang utama sebagai tempat shalat dan ruang selasar tanpa atap sebagai tempat kegiatan keagamaan di luar shalat.

Selasar ini dibiarkan luas tanpa sekat. Di bagian tengahnya dipasang berbentuk bintang dengan hiasan air mancur. (Baca: Masjid King Fahd Buenos Aires, Pusat Kebudayaan Islam Terbesar di Amerika Latin)

Selasar ini juga bisa menyambung ke ruang utama masjid yang luasnya sekitar 70x55 meter persegi, melintasi setengah lingkaran dengan pilar warna bergaris, khas Timur Tengah, seperti terdapat di pilar Masjid Cordoba Spanyol yang kini dialihfungsikan sebagai gereja.

Setelah memasuki ruang utama masjid, lewat pintu selasar, terlihat ruang utama yang begitu luas dengan dominasi warna putih.  Ruangan ini juga tanpa ornamen, semua dindingnya rata tanpa ukiran-ukiran rumit.

Di ruangan ini juga kita bisa melihat bagian kubah yang polanya jatuh ke bawah disangga dengan pilar-pilar mulus tanpa ukiran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement