Kamis 15 Sep 2016 14:22 WIB

Idul Adha Jadi Kegiatan Ekonomi Terbesar di Pakistan

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Andi Nur Aminah
Ilustrasi - Penjualan hewan kurban di Pakistan.
Foto: sindhidunya
Ilustrasi - Penjualan hewan kurban di Pakistan.

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Warga Pakistan menghabiskan lebih dari 4 miliar dolar AS atau Rp 52 triliun untuk membeli hewan kurban. Hewan-hewan kurban tersebut disembelih pada perayaan Hari Raya Idul Adha.

Idul Adha menjadi kegiatan ekonomi terbesar di Pakistan. Samaa News melaporkan, sekitar 2.600.000 ekor sapi dan kerbau serta 4 juta ekor kambing laku terjual, seperti dilansir dari Xinhua. Hewan kurban lain seperti domba juga terjual sekitar 800 ribu ekor dan unta sekitar 3.000 ekor. Selain pengeluaran untuk membeli hewan kurban, warga juga mengeluarkan biaya untuk proses penyembelihan hewan.

Proses penyembelihan sapi dan kerbau memakan biaya sebesar 690 juta dolar AS atau Rp 9 miliar. Sedangkan proses penyembelihan kambing, domba, dan unta memakan biaya sebesar 225 juta dolar AS atau Rp 3 miliar.

Setelah disembelih, daging hewan kurban dibagi menjadi tiga bagian yang sama. Sepertiga diberikan kepada keluarga, sepertiga lainnya diberikan kepada kerabat, teman, dan tetangga, sedangkan sisanya diberikan kepada orang yang membutuhkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement