Selasa 13 Sep 2016 04:23 WIB

Rakyat Turki Berkurban Sapi di Masjid Baitullah Palembang

Rep: Maspril Aries/ Red: Damanhuri Zuhri
hewan kurban (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
hewan kurban (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG --- Pelaksanaan pemotongan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1437 H, Senin (12/9) di Palembang pada beberapa tempat berjalan lancar.  Di Palembang pada pelaksanaan kurban tahun ini ada yang istimewa, beberapa masjid mendapat bantuan sapi dari rakyat Turki yang disalurkan melalui lembaga United Islamic Culture Centre of Indonesia (UICCI) melalui cabang Palembang

Salah satu ekor sapi bantuan dari rakyat Turki tersebut dipotong di komplek masjid Baitullah, Palembang. Di masjid yang terletak di Kelurahan Bukit Lama. Menurut ketua panitia pelaksana kurban Muslim Yaroni, jumlah tersebut termasuk yang terbesar di Palembang. “Dari 21 ekor sapi yang dipotong, ada satu ekor sapi bantuan dari rakyat Turki,”  katanya.

Menurut Alghifari dari UICCI, di Palembang ada 20 ekor sapi bantuan rakyat Turki yang disalurkan melalui UICCI, sapi tersebut disebar pada beberapa masjid. “Bantuan ini untuk Palembang merupakan yang kedua kali,”ujarnya.

Selain di Masjid Baitullah, pemotongan hewan kurban berlangsung di beberapa tempat lainnya, di antara di kediaman Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin di jalan Merdeka. Pada Idul Adha kali ini Alex Noerdin dan keluarga berkurban dua ekor sapi jenis limousin.

Sementara itu Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian yang merayakan Idul Adha di Palembang juga menyerahkan hewan kurban satu ekor sapi di masjid As Saadah di markas Polda Sumsel. Di masjid As Saadah seluruhnya ada 13 ekor sapi kurban yang dipotong.

Pelaksanaan kurban juga berlangsung di markas Korem 044/Garuda Dempo (Gapo).  Menurut Komandan Korem 044/Gapo Kol Inf Kunto Arief Wibowo, sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT baik secara pribadi maupun secara kedinasan, jajaran Korem Gapo ikut melaksanakan pemotongan hewan kurban, sebanyak tiga ekor sapi dan enam ekor kambing.

Di Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, BUMN batu bara PT Bukit Asam (PTBA) Tbk juga menyerahkan bantuan hewan kurban sebanyak 46 ekor sapi.

Menurut Direktur Operasi Produksi PTBA Tbk Joko Pramono, hewan kurban tersebut dibagikan untuk 25 desa dari lima kecamatan di Kabupaten Muara Enim dan Lahat, yaitu Kecamatan Muara Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Kecamatan Tanjung Agung, Kecamatan Merapi Barat dan Kecamatan Merapi Timur.

“Jumlah hewan kurban dari PTBA tahun ini meningkat dari tahun lalu sebanyak 38 ekor sapi. Hewan kurban tersebut dari perusahaan dan jajaran direksi PTBA. Bantuan ini adalah bentuk kesetiakawanan dan kebersamaan dari perusahaan terhadap stakeholder di sekitar perusahaan,” kata Joko Pramono. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement