Kamis 08 Sep 2016 19:45 WIB

Qatar Sediakan Hewan Kurban Subsidi

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Damanhuri Zuhri
hewan kurban (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
hewan kurban (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Perusahaan Makanan Widam menyediakan hewan kurban dengan harga yang murah. Namun hewan kurban yang disubsidi hanya domba Australia seharga 360 riyal Qatar per ekor.

Dilansir dari thepeninsulaqatar, Kamis (8/9) mereka yang ingin membeli hewan kurban bersubsidi harus terlebih dahulu membeli kupon di outlet Widam.

Setelah mereka memiliki kupon, mereka dapat menukarkan hewan kurban yang tersedia di satu-satunya Rumah Potong Hewan yang ditunjuk Widam di Doha Central Market.

Kupon seharga 360 riyal Qatar tersedia di outlet Widam seluruh Doha diantaranya supermarket India Bin mahmud, Jalan al Syafii, al Rayyan, depan hotel al Liwan, belakang toko buku al Jarir di Umm ghuwailina dan Hypermarket Logic di bin Imran.

Sebuah outlet Widam di Ain Khalid dekat kompleks Kementrian Dalam Negeri telah menyediakan 500 kupon untuk domba Australia. "Kami telah menjual sekitar 50 persen kupon selama tiga hari terakhir," ujar seorang salesman di outlet Widam Ain Khalid.

Dia berharap dapat memiliki lebih banyak kupon. Tetapi perusahaan hanya mengeluarkan kupon sesuai kapasitas tukang jagal selaam dua hari pertama Idul Adha. Jadi lebih baik masyarakat membeli kupon sejak awal.

Kalau mereka menunda, maka mereka akan kehilangan kesempatan membeli domba murah selama Idul Adha. Tahun ini Widam mengimpor 80 ribu ekor domba Australia untuk memenuhi kebutuhan kurban Idula Adha. Sebelumnya Widam telah memiliki stok hingga 40 ribu ekor.

Permintaan domba Australia telah melonjak drastis jelang Idul Adha karena harga yang lebih murah daripada hewan kurban lainnya. Misalnya kambing Somalia saat ini seharga 700 Riyal Qatar per ekor, diikuti oleh kambing spesies Arab lokal, Iran dan Sudan.

Harga kambing spesies Arab berkisar 1.000 riyal qatar hingga 1.200 riyal Qatar di central market. Hewan kurban yang paling mahal dapat mencapai 1.600 hingga 1.800 riyal qatar.

Jika terpaksa, pengkurban kehabisan kupon, maka mereka dapat mendatangi RPH di luar Doha. Biasanya mereka tidak terlalu memperhatikan kupon yang dimiliki atau tidak.

RPH Widam di luar Doha diantaranya berada di kota al Khor dan al Shamal. Dua RPH ini akan tetap buka selama Idul Adha dan menjual domba Australia tanpa kupon. mereka juga menawarkan layanan penyembelihan hewan yang dibawa dari luar RPH dengan ongkos 16 riyal qatar per ekor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement