Kamis 08 Sep 2016 07:22 WIB

Sulawesi Tenggara Siapkan 7.500 Hewan Kurban

hewan kurban (ilustrasi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
hewan kurban (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sulawesi Tenggara, Muhammad Nasir mengungkapkan, di Sulawesi Tenggara terdapat 7.500 hewan kurban yang disiapkan menjelang Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriah.

"Hewan kerban yang sudah siap untuk Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriyah tersebut terdiri 5.000 ekor sapi dan 2.500 ekor kambing," ungkap Muhammad Nasir di Kendari, Rabu (7/9).

Nasir mengatakan, stok hewan kurban di Sulawesi Tenggara selalu tersedia dan melimpah setiap rahun karena seiring Sulawesi Tenggara saat ini menjadi salah satu sentra peternakan di Indonesia. "Selain untuk kebutuhan lokal, ternak sapi hasil peternakan warga kita sudah mampu mensuplai kebutuhan beberapa kota di Kalimantan dan Sulawesi Tengah," katanya menjelaskan.

Nasir menjamin kesehatan hewan kurban tersebut karena melalui pemeriksaan kesehatan oleh petugas yang telah ditetapkan. "Kita berharap warga atau kelompok masyarakat yang ingin melakukan pemotongan hewan agar melaporkan ke Dinas Pertanian agar dilakukan pemeriksaan hewan sebelum disembelih," katanya.

Lebih lanjut Nasir menyatakan, pihaknya telah menanamkan slogan sebagai syarat daging yang layak dikonsumsi yaitu Aman, Sehat, Utuh dan Halal atau biasa dikenal dengan istilah ASUH.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement