Rabu 07 Sep 2016 15:02 WIB

DKM Dilibatkan Awasi Penyembelihan Hewan Kurban

Penyembelihan hewan kurban.
Foto: ROL/Chairul Akhmad
Penyembelihan hewan kurban.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Tangerang, Banten, melibatkan 100 pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dalam pengawasan proses penyembelihan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriyah.

Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Tangerang Ramdan Lubis di Tangerang, Selasa, mengatakan seluruh pengurus DKM tersebut telah diberikan pelatihan dengan pemateri dari MUI dan ITB. Dia mengharapkan seluruh pengurus DKM bisa menyosialisasikan mengenai proses penyembelihan hewan kurban yang benar dan sesuai dengan syariat.

"Selain melakukan pengawasan terhadap pedagang, kita juga berikan pengetahuan kepada petugas DKM yang diwakili setiap kelurahan mengenai pengetahuan mengenai perawatan hewan kurban yang sesuai aturan," katanya.

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Tangerang masih melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di setiap tempat pedagang menggelar dagangannya itu.

Sejak sepekan lalu, jumlah pedagang hewan kurban di Kota Tangerang terus mengalami peningkatan. Hal itu seiring dengan semakin dekatnya dengan Hari Raya Idul Adha.

Untuk mengantisipasi adanya penjualan hewan kurban yang tak layak, pihaknya telah membentuk tim untuk melakukan pengecekan di lapangan. "Tes kesehatan hewan terus dilaksanakan setiap harinya oleh petugas. Semua wilayah akan menjadi prioritas petugas untuk diperika," ujarnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement