Selasa 06 Sep 2016 14:02 WIB

5 Kota Besar di Jalur Sutra

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Main routes of the Silk Road (Map)
Foto:
Kota Xian

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Chang'an merupakan ibu kota dari kekaisaran kuno yang menjadi titik pertama Jalur Sutra. Dari Chang'an ini, Cina pada masa Dinasti Han merambah Asia Tenggara, Asia Tengah, dan Mediterania.

Puncak kejayaan Kota Chang'an terjadi pada masa Dinasti Tang (618-904 M). Kala itu, Chang'an menjadi kota paling berbudaya di dunia. Masa kejayaan Kota Chang'an dibuktikan dengan adanya Museum Pasar Barat Dinasti Tang yang berusia seribu tahun. Ini merupakan situs asli pasar di masa itu.

Pasar barat Chang'an juga menjadi pusat bertemunya pedagang Cina dengan pedagang Asia Tengah. Tokoh yang terkenal di era ini adalah Sogdina. Dia merupakan pedagang asal Asia Tengah yang berperan penting dalam transportasi dan perdagangan ke Cina.  

Sebagai pusat perdagangan, Chang'an menjadi tempat pertemuan dari beragam etnis dan agama. Keberadaan Islam di kota ini tampak dari adanya Masjid Agung Chang'an yang dibangun pada tahun 742 M. Berdiri sejak masa Dinasti Han, masjid ini seakan "mati" pada masa Dinasti Tang karena kuatnya pengaruh agama Buddha pada masa itu. Namun, Masjid Agung Chang'an kembali hidup ketika Dinasti Ming memimpin Cina. Kala itu, masjid sempat dipugar. Sejarah mencatat, pedagang Muslim tiba di Cina melalui pelabuhan di Pantai Cina Selatan dan dari Asia Tengah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement