Jumat 02 Sep 2016 09:21 WIB

Paket Sukses dalam Keluarga, Bisnis dan Karier

Prof Dr KH Didin Hafidhuddin MS (kiri).
Foto: Irwan Kelana/Republika
Prof Dr KH Didin Hafidhuddin MS (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Semua orang pasti ingin meraih sukses dalam keluarga, bisnis maupun karirnya. Untuk itu, Islam sudah menyiapkan paket kunci sukses tersebut. Paket tersebut adalah shalat dan zakat.

“Kalau ingin sukses dalam keluarga, bisnis maupun pekerjaan, kuncinya adalah tegakkan shalat dan tunaikan zakat dengan sebaik-baiknya. Begitu pula, kalau masyarakat ingin menjadi masyarakat yang  maju dan sukses, maka kucinya adalah masyarakat tersebut harus selalu menegakkan shalat dan menunaikan zakat,” kata Prof Dr KH Didin Hafidhuddin saat mengisi pengajian guru dan karyawan Sekolah Bosowa Bina Insani (SBBI) di Masjid Al-Ikhlas Bosowa Bina Insani Bogor, Jawa Barat, Jumat (2/9/2016) pagi.

Kiai Didin menambahkan, shalat dan zakat  merupakan kunci sukses dalam segala bidang. “Hal itu ditegaskan dalam berbagai ayat Alquran maupun Hadits Rasulullah SAW,” tutur Kiai mantan ketua Baznas itu.

Guru Besar IPB Bogor itu mengutip Surah Al-Mu’minun ayat 1-4. Surah itu menyebutkan ciri-ciri orang yang sukses. “Di antara ciri-ciri orang yang beruntung atau sukses seperti dinyatakan dalam Surah Al-Mu’minun adalah mendirikan shalat (mereka yang khusyu’ dalam shalatnya) dan mengeluarkan zakat,” tutur Direktur Pasca Sarjana Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) Bogor itu.

Shalat dan zakat, kata Kiai Didin, tidak hanya menjadi kunci sukses pribadi dan keluarga. Hal itu pun berlaku bagi masyarakat. “Masyarakat akan baik, kalau shalatnya baik. Kalau masyarakat mau shalat berjamaah di masjid, apalagi shalat Shubuh berjamaah, maka masyarakat tersebut akan baik,” ujarnya.

Demikian pula, kalau masyarakatnya rajin mengeluarkan zakat. “Salah satu kunci sukses masyarakat Muslim pada era keemasan Islam berabad-abad yang lalu adalah mereka gemar mengeluarkan zakat dan zakat tersebut dikelola dengan baik. Maka, jadilah mereka masyarakat yang makmur,” papar Kiai Didin.

Kiai Didin lalu mengutip Alquran Surah Al-Hajja ayat 40-41. Dalam surat tersebut, kata Kiai Didin,  Allah menyebutkan tiga hal yang harus menjadi pakaian sehari-hari setiap Muslim agar hidupnya sukses dan bahagia. Ketiga hal tersebut adalah menegakkan shalat, menunaikan zakat dan gemar ber-amar ma’ruf nahi munkar (menyuruh berbuat kebaikan dan mencegah perbuatan munkar).

“Kalau setiap pribadi, keluarga dan masyarakat selalu menegakkan shalat dan menunaikan zakat dengan sebaik mungkin, maka Allah pasti selalu memberikan jalan keluar atas setiap persoalan kehidupan yang dihadapi oleh pribadi, keluarga maupun masyarakat tersebut,” tutur Kiai Didin Hafidhuddin.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement