Senin 22 Aug 2016 03:16 WIB

Para Atlet Muslim yang Sukses di Olimpiade Rio

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Ilham
Pelari Muslim Inggris, Mo Farah
Foto: Reuters
Pelari Muslim Inggris, Mo Farah

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO -- Selama dua pekan terakhir, publik dunia telah menyaksikan ribuan atlet dari beragam latar belakang bangsa, ras, dan agama menunjukkan bakat mereka yang luar biasa pada Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, Brasil. Mereka bersaing satu sama lain agar bisa mempersembahkan medali sebanyak mungkin untuk negara yang mereka cintai.

Banyak atlet Muslim yang ikut berkompetisi di Olimpiade tahun ini. Beberapa di antara mereka adalah kaum imigran yang dengan penuh semangat membela negaranya. Mereka tetap mampu tampil sebagai yang terbaik, meskipun saat ini negara-negara yang mereka bela itu tengah diterpa isu anti-Muslim dan antiimigran, seperti Inggris dan Amerika (AS).

Berikut ini adalah beberapa atlet Muslim yang sukses menorehkan prestasi di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, seperti dilansir laman AboutIslam:

Ibtihaj Muhammad

Ibtihaj Muhammad berhasil menyabet medali perunggu pertamanya untuk cabang anggar beregu putri di Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil. Ia berhasil membuat catatan sejarah sebagai Muslimah Amerika pertama yang mengenakan jilbab di ajang Olimpiade.

Mo Farah

Pelari jarak jauh Inggris, Mo Farah, berhasil meraih medali emas pada nomor lari 5.000 meter dan 10 ribu meter putra di ajang Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, Brasil. Ia menjadi satu-satunya atlet yang mampu mempertahankan gelar pada dua nomor cabang atletik tersebut, sekaligus memantapkan posisinya sebagai pelari paling sukses di sepanjang sejarah Olimpiade.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement