Kamis 18 Aug 2016 00:22 WIB

Begini Ciri Hewan Kurban Sehat

Rep: neni ridarineni/ Red: Damanhuri Zuhri
hewan kurban (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
hewan kurban (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Hewan yang akan disembelih sebagai hewan kurban baik itu sapi maupun kambing tentu saja harus dalam kondisi sehat.

Menurut Kepala Seksi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta, Anung Endah S, ciri-ciri hewan kurban yg sehat antara lain: temperamen atau muka ceria, tidak lesu, cermin hidung basah, selaput mata bersih, segar (tidak merah atau pucat).

''Di samping itu, ciri-ciri lainnya dari hewan kurban sehat adalah dari lubang-lubang alami tidak keluar cairan, Feses/kotoran membentuk, tidak encer/diare, dan bulu mengkilat dan tidak rontok,'' jelas Anung pada Republika, Rabu malam (17/8).

Anung menjelaskan, masyarakat yang langsung membeli hewan kurban sendiri, tentu dapat mengamati dan memilih langsung, namun bagi yang tidak langsung memilih sendiri atau membeli melalui telepon, dihimbau untuk meminta surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) atau health certificate sebagai kaminan kesehatan yang ditandatangani oleh dokter.

Setelah hewan kurban yang dibeli sampai ke konsumen, ungkap Anung Endah lebih lanjut, tentunya konsumen juga berhak melihat kondisi kesehatan hewan yang dibeli. ''Itu yang perlu diperhatikan,'' saran Anung Endah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement