Rabu 10 Aug 2016 06:11 WIB

7 Keistimewaan Qurban dan Aqiqah Quis Daarul Quran

warga dusun sombang, sumenep, jawa timur bisa menikmati daging kurban daarul quran
Foto: dok. daarul quran
warga dusun sombang, sumenep, jawa timur bisa menikmati daging kurban daarul quran

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Quis Daarul Qur’an merupakan lembaga otonom yang didirikan Daarul Qur’an. Lembaga ini dihadirkan untuk meningkatkan layanan dan kenyaman masyarakat dalam menunaikan ibadah qurban dan aqiqah. Layanan meliputi penyiapan hewan qurban/aqiqah, pemotongan, dan pendistribusian.

Ustaz Tarmizi As Shidiq, Ketua Yayasan Daarul Qur’an, mengungkapkan, ada tujuh keistimewaan program qurban dan aqiqah melalui Quis Daarul Qur’an: Pertama, transaksi dan prosesi sejak stocking hewan qurban/aqiqah hingga pemotongan dan pendistribusian dagingnya sesuai syariat.

Kedua, jelas Ustaz Tarmizi, stocking ternak qurban/aqiqah dikelola secara profesional oleh Daqu Agro Techno, lembaga otonom Daarul Qur’an yang bergerak di bidang pertanian, perkebunan, dan peternakan.

Daqu Agro Techno, sambung Ustaz Tarmizi, juga bekerjasama dan membina peternak-peternak lokal (plasma). ''Stok ternak dapat dilihat para calon pequrban/aqiqah melalui program wisata agro,'' jelas Ustaz Tarmizi kepada Republika.co.id, Selasa (9/8) malam.

Keistimewaan lainnya, ungkap Ustaz Tarmizi, Distribusi qurban/aqiqah ditujukan secara khusus untuk unit-unit pemuliaan Alquran yaitu komunitas Pesantren Tahfizh, Rumah Tahfizh, dan Rumah Quran serta kawasan binaan Daarul Qur’an di Nusantara.

Menurut Ustaz Tarmizi, keistimewaan keempat qurban Daarul Quran adalah meningkatkan pergerakan ekonomi petani dan peternak serta menunjang kemandirian Pesantren Tahfizh dan Rumah Tahfizh binaan.

Keistimewaan kelima, menyajikan memorial ibadah bagi pequrban dan ahli aqiqah berupa laporan beserta foto prosesi pemotongan dan pendistribusian hewan qurban/aqiqah. Laporan dalam format digital juga dapat diunduh melalui www.quis.or.id atau via aplikasi Quis Daqu melalui piranti android.

Keistimewaan keenam, untuk memelihara semangat berkurban dan lebih meringankan pelaksanaannya, Quis Daarul Qur’an menyelenggarakan layanan sepanjang tahun berupa Program Qurban Berencana.

Melalui program tabungan qurban ini, para pequrban langganan dapat meningkatkan jumlah qurbannya. Sedang yang belum berqurban dapat mencicil untuk mewujudkan niat ibadahnya.

Sedangkan keistimewaan ketujuh, lebih menyemarakkan syiar agama dan Qur’an di Tanah Air terutama di daerah-daerah pelosok seperti Kampung Quran OeUe di Nusa Tenggara Timur dan Jailolo, di Maluku Utara.

‘’Tidak ada pengorbanan yang sia-sia. Insya Allah, kepercayaan masyarakat kepada Quis Daarul Qur’an, akan kami tunaikan dengan memberikan kemaslahatan yang sebesar-besarnya sehingga mendatangkan pahala berlipat ganda,’’ ungkap Ustaz Tarmizi menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement