Rabu 03 Aug 2016 10:17 WIB

Tantangan Terbesar Umat Islam Indonesia Adalah Kebodohan dan Kemiskinan

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Teguh Firmansyah
Saleh Partaonan Daulay
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Saleh Partaonan Daulay

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktivis Pemuda Muhammadiyah Saleh Partaonan Daulay mengatakan terbesar umat Islam Indonesia adalah kebodohan dan kemiskinan.

Pernyataan Saleh tersebut menanggapi sambutan Presiden Joko Widodo dalam pembukaan World Islamic Economic Forum (WIEF) yang menyebut toleransi merupakan tantangan terbesar negara muslim.

Menurut mantan Ketua Komisi VIII DPR RI ini, kebodohan dan kemiskinan menjadi tantangan besar bagi Muslim Indonesia karena masih terus diwariskan pada setiap periodisasi pemerintahan.  "Banyak problematika sosial yang terjadi di masyarakat berawal dari persoalan kemiskinan dan kebodohan," ujar Saleh kepada Republika, Rabu (3/8).

Baca juga, Tantangan Umat Islam Menurut Zulkifli Hasan.

Untuk itu, mengurangi lapisan kemiskinan dan kebodohan di Indonesia menjadi tugas utama pemerintah. Dalam menanggulangi kemiskinan, pemerintah juga harus membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya.

Selain itu, kesempatan untuk mendapatkan pendidikan perlu dibuka dan diprioritaskan bagi mereka yang kurang mampu. Menurut Saleh, jika secara ekonomi dan pendidikan mapan, toleransi akan tumbuh dengan sendirinya. "Sebaliknya, kesenjangan sosial dapat membuat jurang pemisah yang cukup dalam antara sesama anak bangsa," kata Saleh.

Saleh menilai persoalan toleransi adalah masalah semua umat beragama. Toleransi itu tidak hanya dibutuhkan di Indonesia, tetapi juga di negara-negara lain. Toleransi harus ditanamkan kepada semua pemeluk agama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement