Senin 01 Aug 2016 19:33 WIB

Karya KH Ahmad Sanusi akan Dirilis Ulang

Deddy Mizwar
Deddy Mizwar

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menuturkan Budayawan Sunda, Ajip Rosidi berencana akan merilis ulang sejumlah karya Ahmad Sanusi, tokoh Sarekat Islam dan pendiri Al-Ittahadul Islamiyah (AII), sebuah organisasi di bidang pendidikan dan ekonomi dalam bentuk buku.

"Hingga saat ini masih belum terangkat. Oleh sebab itu, karya-karyanya akan diteliti terlebih dahulu. Jadi harus diterjemahkan. Yang punya naskah Pak Ahmad Sanusi ada salah seorang dosen UI yang memiliki dokumentasi," kata Deddy Mizwar, di Bandung, Senin (1/8).

Menurut dia, Pemprov Jawa Barat akan melihat terelebih dahulu konsep bukunya seperti apa karena Ajip Rosidi baru mempelajari karya dari Ahmad Sanusi. "Jadi setelah dipelajari akan dikomunikasikan ke Pemprov tapi mungkin Pemkab Sukabumi juga perlu karena Ahmad Sanusi merupakan tokoh Sukabumi," kata dia.

Ia mengatakan, tidak semua karya Ahmad Sanusi dibuat dalam bentuk buku dan kemungkinan, karya-karyanya disaring. "Dan kemungkin tidak semuanya, ada beberapa yang dinilai layak itu dimasukan dalam buku," ujar Deddy Mizwar.

Untuk merealisasikan buku tersebut, Ajip Rosidi hari ini bertemu langsung dengan Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar di Gedung Sate Bandung. Menurut Ajip sebelum dibuat menjadi buku karya Ahmad Sanusi harus dibaca terlebih dahulu. "Jadi harus dibaca dulu, baru diberitahukan. Buku ini harus dibaca oleh orang sunda," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement