Ahad 31 Jul 2016 16:28 WIB

Target ZIS Baitul Mal Naik 20 Persen

zakat
zakat

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Baitul Mal Provinsi Aceh menargetkan pengumpulan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) pada tahun depan sebesar Rp256 miliar atau naik 20 persen dari penerimaan selama 2015 sebesar Rp218 miliar.

"Salah satu rekomendasi yang dihasilkan dari rapat kerja Baitul Mal se-Aceh tersebut sejalan dengan target yang diberikan nasional untuk provinsi ini," kata Plt. Kepala Baitul Mal Provinsi Aceh Armiadi Musa di Banda Aceh, belum lama ini.

Selain terget yang akan dicapai, rapat kerja tersebut juga merekomendasi terkait kontribusi pendistribusian dan pendayagunaan ZIS dalam pengentasan masyarakat dari kemiskinan untuk 4.958 mustahik pada tahun 2017.

"Program yang ada di Baitul Mal perlu terus ditingkatkan dan daerah juga harus saling sharing terhadap program yang dilaksanakan," katanya.

Ia juga mengatakan bahwa sinergisitas dan keputusan bersama antarinstansi terkait untuk pengentasan masyarakat dari kemiskinan mulai dari provinsi sampai kabupaten/kota juga akan mempercepat mewujudkan pelaksanaan program tersebut.

"Baitul Mal kabupaten/kota juga perlu melakukan koordinasi dengan berbagai pihak serta penyesuaikan dengan data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) di daerah," katanya.

Menurut dia, Baitul Mal juga memerlukan kejelasan terhadap siapa yang berwenang untuk melakukan pendataan kemiskinan di provinsi dan kabupaten/kota sehingga data tersebut tidak tumpang-tindih dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Ia mengatakan bahwa setiap kabupaten/kota akan melaksanakan ZIS Commodity Development (ZCD) pada dua lokasi. Program ini nantinya diarahkan sebagai desa/gampong yang berbasis/berciri gampong sadar zakat.

"Baitul Mal Aceh dan Baitul Mal kabupaten/kota akan memperkuat regulasi pelaksana yang mendukung optimalisasi penghimpunan ZIS," katanya.

Armiadi juga berharap apa yang telah dirumuskan dalam rapat kerja tersebut dapat dijalankan dengan baik sehingga target yang ingin dicapai terlaksana dengan baik. Dalam hal ini, pihaknya juga meminta dukungan dari semua pihak untuk menyukseskan program tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement