Ahad 31 Jul 2016 11:00 WIB

HNW Serukan Umat Islam Harus Jadi Pemimpin Dunia

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Bilal Ramadhan
Hidayat Nurwahid
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Hidayat Nurwahid

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengatakan, Islam adalah agama yang memiliki sistem hidup yang komprehensif, serta mengakomodir kebutuhan duniawi dan ukhrowi.

Islam juga memiliki berbagai keistimewaan dibanding yang lainnya, salah satunya mengakui moderasi dalam hidup, keseimbangan dan kebaikan.

Bahkan, lanjut dia, sejak pertama kedatangannya, Islam sudah membawa risalah yang moderat dalam syariatnya. Mudah diterima oleh semua kalangan, serta semua bidang profesi dan keahlian.

Sehingga, umat Islam dinilai merupakan manusia terbaik sepanjang sejarah. Karena memiliki sifat keadilan dan sikap moderasi yang ada di dalamnya.

''Makanya, pantas kalau umat Islam menjadi pemimpin bagi bangsa lain, bukan umat yang dipimpin oleh bangsa lain,'' kata Hidayat, saat berbicara dalam Konferensi Internasional Islam Washatiyah, di Mataram, Nusa tenggara barat, Ahad (31/7).

Konferensi Internasional Islam Washatiyah itu mengangkat tema Wasathiyah Untuk Mencegah Terorisme dan Sektarianisme, yang berlangsung sejak 30 Juli hingga 1 Agustus 2016, dan diikuti oleh 20 negara .

Dalam konferensi itu, Hidayat menegaskan Islam tidak pernah mendukung radikalisme dan teorisme. Bahkan Islam sangat menentang terorisme, seperi yang diajarkan Nabi SAW, yang melarang kekerasan.

''Apa yang sekarang terjadi di Libya, Irak, Pakistan dan sebagainya adalah bukti bahwa Islam sudah menjadi korban terorisme,'' ujar dia.

Karena itu, Hidayat mengajak negara-negara Islam untuk bersatu. Karena persatuan mampu mencegah upaya-upaya pecah belah yang dilakukan orang lain, dan Rasulullah sangat menganjurkan serta mencintai persatuan.

Rabithoh Al 'Aalam Al Islami atau Liga Dunia Islam adalah lembaga Islam non pemerintah. Organisasi ini berdiri pada Dzulhijah 1381 H atau Mei 1962 di Makkah, Arab Saudi. Rabithoh Al 'Aalam Al Islami disponsori Raja Arab Saudi Raja Faisal bin Abdulazis.

Syekh Muhammad Surur terpilih sebagai Sekretaris Jenderal pertama Rabithah Alam Islami. Salah satu aktivitas pertama Liga Dunia Islam saat berdiri adalah mengawasi pembangunan Masjidil Haram.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement