Rabu 29 Jun 2016 09:30 WIB

Mujahid Harus Tahu Cara Berjihad

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Andi Nur Aminah
Jihad Islami
Jihad Islami

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima Komando Jihad Maluku Ustad Jumu Tuani menyarankan agar mereka yang menyebut dirinya mujahid mengetahui cara-cara berjihad. Pengetahuan itu untuk membantu agar jihad yang mereka lakukan tidak salah langkah.

"Mengaku sebagai mujahidin, harus mengetahui cara-cara berjihad, supaya jihad yang dilakukan tidak salah langkah," kata Jumu di Masjid Al Fataa, Jalan Menteng Raya, Jakarta, Selasa (28/6).

Jumu mengatakan, dalam berjihad ada aturan-aturan yang tidak boleh dilanggar. Tak hanya itu, dalam berjihad pun tidak bisa membunuh orang sembarangan. Beberapa golongan yang tidak boleh dibunuh di antaranya adalah perempuan, anak-anak, orang tua, orang sakit, pekerja, biarawan dan orang-orang yang sedang beribadah. "Membunuh orang yang sedang beribadah di gereja itu juga diharamkan dalam Alquran dan Alhadis," ucap Jumu.

Menurut Jumu, jihad akan menjadi sia-sia jika tidak mengikuti aturan yang ada. Bahkan, jika panglima perang yang diikuti adalah Rasulullah sekalipun, tidak akan masuk surga jika aturan-aturan itu tidak diikuti.

"Jihad itu ada aturan dan kita tidak bisa melanggarnya. Walaupun panglimanya adalah Rasulullah, tapi aturan itu dilanggar, kalau gugur enggak masuk surga," terang Jumu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement