Selasa 28 Jun 2016 11:54 WIB

Lazismu-SJI Serahkan Kado Ramadhan di Sukamekar Bekasi

Pemeriksaan kesehatan di Desa Sukamekar, Bekasi kerja sama antara Lazismu, SJI dan RAPI.
Foto: Lazismu
Pemeriksaan kesehatan di Desa Sukamekar, Bekasi kerja sama antara Lazismu, SJI dan RAPI.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Dua ratus dhuafa di Desa Sukamekar, Sukawangi, Bekasi Utara, menerima Kado Ramadhan Lazismu. Lokasi penyerahan dipusatkan di RT 001/RW 09, tidak jauh dari kediaman ketua rukun tetangga setempat persis di depan lintasan aliran Kali Bekasi.

Dalam ‘Aksi Bersama untuk Sesama’ di desa ini Lazismu bekerjasama dengan komunitas adventure, yaitu Suzuki Jip Indonesia (SJI) dan komunitas Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Bekasi. Sukamekar dipilih karena lokasinya yang jauh dari pusat Kota Bekasi dan akses yang minim di desa itu.

Ibnu, salah satu warga mengatakan, warga desa di sini bekerja ada yang sebagai buruh tani dan pedagang. Di desa ini, kata Ibnu, lahan sawah sangat luas. Sayangnya, semua itu bukan milik warga. Di wilayah tersebut, akses jalan juga buruk dan rusak. Jika Kali Bekasi sedang banjir, air akan meluap ke jalan.

“Desa Sukamekar, selalu banjir jika musim hujan dating,” kata Ibnu.

 

Menurut Sigit, dari SJI, masih banyak sebagian warga yang hidup dalam kemiskinan. “SJI juga telah berkomunikasi dengan RAPI Bekasi dalam kegiatan ini,” katanya.

Lazismu Beri Bantuan untuk Muslimat NU Banyumas

Sementara itu, Tatang Ruchiyat, Koordinator Kado Ramadhan Lazismu di wilayah Bekasi, mengatakan secara prinsip, penetapan dhuafa ini meliputi, yatim, lansia, jompo dan warga miskin lainnya. Sasaran kali ini, sambung Tatang, menyisir lokasi kantong-kantong kemiskinan.

“Apalagi kawasan ini dekat dari Babelan, masuk kategori Pak Kumis (kumuh dan miskin),” katanya.

Untuk melengkapi penyerahan Kado Ramadhan, Lazismu memberikan juga Layanan Kesehatan Gratis untuk warga setempat. Tim Medis yang ikut melibatkan dokter perawat dan apoteker dari Rumah Sakit Islam Jakarta (RSIJ) Cempaka Putih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement