Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Peringati Isra Miraj, Ratusan Pemuda Ikuti Lomba Azan

Kamis 05 May 2016 15:13 WIB

Red: Achmad Syalaby

Azan (ilustrasi)

Azan (ilustrasi)

Foto: forsil.org

REPUBLIKA.CO.ID, BIANGPIDIE -- Ratusan warga Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh, mengikuti lomba azan dan Shalat Subuh. Kompetisi itu digelar oleh pemuda desa dalam rangka menyambut Isra Miraj 27 Rajab 1437 Hijrah, Rabu malam.

Lomba yang berlangsung selama tiga malam sejak tanggal 4 hingga 6 Mei 2016 tersebut, selain diikuti oleh ratusan masyarakat juga para pemuda termasuk aparatur desa dan segenap tokoh masyarakat setempat. 

Ketua pemuda Desa Ie Lhob Admiyusri mengatakan, ajang lomba azan dan lomba Shalat Subuh yang digelar bekerjasama dengan aparatur desa itu untuk menyemarakkan penyambutan peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW.

"Acara lomba ini khusus diikuti warga Desa Ie Lhob, selain diikuti oleh masyarakat dan pemuda, juga diikuti oleh aparatur desa, seperti perangkat pemerintahan desa, anggota Tuha Peut (LKMD), Tuha Lapan (lembaga adat desa) termasuk tokoh-tokoh masyarakat," katanya.

Admiyusri menambahkan, tujuan lain dari lomba azan dan Shalat Subuh sebagai bentuk kepedulian pemuda terhadap Agama Islam. Terutama untuk meningkatkan lapisan masyarakat termasuk aparatur pemerintahan desa agar tidak lupa melaksanakan perintah Allah SWT.

"Selain untuk memeriahkan Isra Miraj, tujuan kami pemuda untuk meningkatkan masyarakat agar tidak meninggalkan shalat lima waktu sebagaimana yang telah diperintahkan Allah SWT terhadap kita umat Islam semua," katanya.

Ia menjelaskan, semua anggaran yang dikeluarkan untuk acara perlombaan tersebut sumbernya dari swadaya masyarakat desa sendiri. Dimana warga yang khusus bermukim dalam Desa Ie Lhob memberikan sumbangan ikhlas kepada pemuda berdasarkan hasil kesepakatan dalam musyawarah desa.

"Jadi, setelah dana terkumpul, tropi untuk hadiah sudah ada, langsung kami gelar perlombaan ini. Acara lomba ini khusus diikuti oleh warga desa kami, mulai dari yang tua sampai dengan yang muda, tidak ada batasan umur ikut lomba semua," kata dia.

Imam Masjid Desa Ie Lhob, Tengku Baharuddin didampingi Sekretaris Desa Abdul Karim mengharapkan dengan adanya kegiatan perlombaan tersebut semoga bermanfaat serta menjadi amalan di sisi Allah SWT.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA