Ahad 10 Apr 2016 17:42 WIB

UNS Jadi Tuan Rumah Musyawarah Wilayah Asosiasi Masjid Kampus Indonesia

Suasana pembukaan Muswil Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) Jawa Tengah di Masjid Nurul Huda UNS Surakarta, Sabtu (9/4).
Foto: Dok UNS
Suasana pembukaan Muswil Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) Jawa Tengah di Masjid Nurul Huda UNS Surakarta, Sabtu (9/4).

REPUBLIKA.CO.ID, SURAKARTA -- Masjid Nurul Huda Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS)  dipilih sebagai tempat penyelenggaraan Musyawarah Wilayah II AMKI (Asosiasi Masjid Kampus Indonesia). Muswil AMKI Jawa Tengah ini diselenggarakan Sabtu-Ahad, 9-10 April 2016.

Muswil tersebut mengusung tema “Revitalisasi Masjid Kampus di Jawa Tengah dalam Rangka Menyiapkan Kepemimpinan Nasional”. Siaran pers panitia menyebutkan, kegiatan ini akan menjadi salah satu modal dalam pengoptimalan potensi kreatif masjid-masjid kampus di seluruh Indonesia.

Muswil AMKI ini merupakan tindak lanjut dari Rapat Kerja Nasional AMKI tahun 2015. Setelah sebelumnya 14 orang formatur telah ditetapkan, kegiatan kali ini adalah menetapkan program kerja dan pelantikan pengurus wilayah baru.  Muswil tersebut dihadiri oleh lebih dari 50 perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS)  yang ada di Jawa Tengah.

Siaran pers menambahkan, AMKI  lahir pada 30 Mei 2014 didorong oleh rasa keprihatinan terhadap kondisi bangsa, khususnya pemimpin dan kepemimpinan yang mengalami krisis integritas moral dan akhlak yang mulia. AMKI merupakan organisasi masa yang beranggotakan takmir masjid-masjid kampus PTN dan PTS yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mengoptimalkan potensi masjid kampus menuju pembinaan insan takwa, pengembangan masyarakat marhamah serta pembangunan peradaban Islam.

Pembukaan Muswil AMKI Jawa Tengah di Gedung F FKIP UNS, Sabtu (9/4) pagi. Acara pembukaan tersebut dihadiri  Ketua Umum AMKI Prof  Ir  Hermawan K Dipojono MSEE PhD,  Ketua Kopertis VI Prof Dr Dwi Yuwono Puji Sugiharto MPd Kons,  dan Rektor UNS  Prof Dr Ravik Karsidi MS yang sekaligus menjadi keynote speaker dan membuka Musyawarah Wilayah II AMKI.

Sementara rangkaian sidang  berlangsung di Masjid Nurul Huda UNS yang  diisi dengan ceramah oleh Ketua Harian AMKI Pusat Dr Ir Syarif Hidayat MT dan Presidium Takmir Masjid Nurul Huda UNS Dr Wiranto MKom MCs.  Acara dilanjutkan dengan sidang komisi sebagai agenda inti, pembahasan serta pengesahan hasil Muswil yang digelar  Ahad (10/04). Jelang penutupan Muswil, diadakan pelantikan pengurus wilayah baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement