Jumat 01 Apr 2016 20:47 WIB

Lazis PLN Salurkan Beasiswa Rp 35 Miliar

Gardu Induk PT PLN Penggilingan di Jakarta Timur
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Gardu Induk PT PLN Penggilingan di Jakarta Timur

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN --  Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah (LAZIS) PLN menyalurkan bantuan pendidikan sebesar Rp 35 miliar BAGI 1750 mahasiswa di 33 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta berbagai jurusan di Indonesia. Penerima  program ini adalah mahasiswa yang kurang mampu (dhuafa), namun memiliki prestasi akademik yang baik. 

“Bantuan ini sebagai bentuk kepedulian sosial dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan anak bangsa," kata Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN, Amir Rosidin melalui keterangan tertulisnya, setelah penyaluran bantuan secara simbolis di Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara, Selasa (29/3). 

Menurut Amir, sumber dana Beasiswa Cahaya Pintar berasal dari dana zakat para pegawai Muslim PLN se-Indonesia melalui kebijakan Direksi yang memfasilitasi pemotongan zakat penghasilan pegawai secara otomatis terpusat (automatic payroll system). Pada tahun 2016 ini, potensi zakat yang dapat dihimpun adalah  sebesar Rp 120 Miliar per tahun. 

Pemberian beasiswa Cahaya Pintar LAZIS PLN di Provinsi Sumatera Utara diberikan kepada 200 mahasiswa di 7 universitas negeri dan swasta, yaitu  Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Negeri Medan (UNIMED), dan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Universitas  Muslim Nusantara Al-Washliyah (UMNAW), dan Universitas Alwashliyah Medan (UNIVA). Total bantuan pendidikan yang diberikan adalah sebesar Rp 4 miliar.

LAZIS PLN juga menyalurkan bantuan untuk program Pesantren Bersih dan Kaderisasi Dakwah kepada 5 pesantren sebesar Rp 250 juta, Pembangunan Masjid Agung Medan (Islamic Center) sebesar Rp 50 Juta, dan pembangunan kembali Masjid Agung Al Furqan Nias sebesar Rp 100 juta serta bantuan kafalah untuk Ustad pengabdian sebanyak 16 orang. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement