Ahad 27 Mar 2016 08:11 WIB

Syekh Lebanon Puji Sikap Indonesia Soal Palestina

Rep: c25/ Red: Agung Sasongko
Palestina
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Palestina

REPUBLIKA.CO.ID JAKARTA -- Persoalan Palestina memang belum terselesaikan. Namun, Indonesia tidak berhenti memberikan dukungan untuk kemerdekaan Palestina.

Rektor Universitas Lebanon, Syekh Abdul Nasser Jabri, mengungkapkan pujian atas keberanian Indonesia, untuk menghentikan penjajahan Israel terhadap Palestina. Menurut Abdul Nasser, salah satu keberanian terlihat dari pernyataan Presiden Joko Widodo, di KTT LB Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

"Memuji statement berani Presiden Indonesia untuk mendukung Palestina dan memboikot Israel," kata Abdul Nasser (25/3).

Ia mengaku persoalan pendudukan Israel terhadap Palestina, memang menjadi masalah terbesar yang belum terselesaikan di Timur Tengah. Abdul Nasser menilai kondisi keamanan saat ini diciptakan Israel dan sekutunya, termasuk untuk menguasai minyak di Timur Tengah.

Namun, Abdul Nasser turut mengkritisi peran Indonesia di Timur Tengah, yang dianggap masih kurang kuat dan berpengaruh. Padahal, ia melihat sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar, Indonesia seharusnya memiliki pengaruh yang sangat besar di dunia Islam secara global.

Untuk itu, ia mengimbau pemerintahan Indonesia dapat memberikan peran yang lebih penting lagi, demi mendukung kemerdekaan Palestina. Selain itu, Abdul Nasser menyarankan agar Indonesia dapat melakukan sesuatu yang lebih penting dalam persoalan di Timur Tengah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement